22 Oktober 2020

Kiat Bisnis Properti ala Junaidi Abdillah

Foto: ist

Bagikan:

TOPRENEUR.ID – Sebagai salah satu pengembang berpengalaman, Junaidi Abdillah memberikan sejumlah kiat berbisnis property. Menurutnya, yang terpenting adalah kemauan dan mau belajar. Bealarlah untuk mau peduli dengan apa yang kita inginkan. “Kalau kita mau bisnis property. Coba saja jalani. Mulai dari yang kecil dulu. Kalau sudah bisa dengan yang kecil, nanti bisa melangkah dengan yang lebih besar,” ucapnya.

Berikutnya adalah memenuhi legalitas perusahaan. Sebagai pengembang, penting untuk mengecek legalitas tanah yang akan dipakai untuk proyek properti. Kalau sudah clear and clean, maka bicarakan kesepakatan pembayarannya.

Perhatikan pula, peruntukkan lahannya, apa tercatat sebagai lahan RTH atau lahan gambut. Harus hati-hati dalam membeli lahan, salah-salah lahan tersebut tidak bisa dikelola menjadi kawasan perumahan. “Uruslah legalitas proyeknya. Cek IMB bisa dikeluarkan atau tidak. Karena ada juga IMB yang tidak bisa keluar. Lalu bicara pasar, siapa pangsa pasar dari proyek tersebut,” jelasnya.

Lahan murah saja tidak cukup, pengembang juga harus bisa melihat calon konsumen yang akan disasar. Sebab, sebuah bisnis itu harus ada target pasar yang jelas. “Bicara membangun, semua orang bisa membangun. Tapi bagaimana lihat potensinya di masyarakat.”

Sepanjang pengalamannya sebagai pengembang, Junaidi juga banyak mengalami suka dukanya. Baginya, hal terindah adalah ketika dirinya mendapatkan ucapan terima kasih dari para konsumennya; mereka yang semula mengontrak kemudian bisa memiliki rumah.

“Bagi masyarakat kecil, dapat membeli rumah itu kan anugerah. Ketika mereka berterima kasih, bahkan ada yang sampai menangis, inilah kebahagiaan dan kebanggaan kami,” demikian kata pria berusia 45 tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *