Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

11 Tahun Tumbangnya ‘Sang Raksasa’ Keuangan

1 min read

Sumber: istimewa

Read Time47Seconds

TOPRENEUR.id – Bank investasi terbesar keempat di Amerika Serikat, Lehman Brothers Holdings Inc, hari ini, 11 tahun lalu menyatakan bangkrut.

Lehman, firma jasa keuangan mengumumkan kepailitan pada 2008. Lehman bergerak di bidang bank investasi, penjualan dan perdagangan saham dan obligasi (khususnya sekuritas keuangan AS), penelitian pasar, manajemen investasi, saham swasta, dan perbankan swasta.

Dikutip Wikipedia, pada 15 September 2008, firma ini mengajukan perlindungan kepailitan setelah eksodus massal sebagian besar kliennya, kerugian saham drastis, dan devaluasi asetnya oleh lembaga penilaian kredit.

Pengajuan ini menandakan terjadinya kebangkrutan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat dan dianggap memainkan peran utama dalam mengakibatkan krisis keuangan global akhir 2000-an.

Keesokan harinya, Barclays mengumumkan perjanjian untuk membeli divisi perbankan investasi dan perdagangan Lehman di Amerika Utara bersama gedung kantor pusatnya di New York tergantung persetujuan regulasi.

Minggu selanjutnya, Nomura Holdings mengumumkan bahwa mereka akan membeli cabang Lehman Brothers di kawasan Asia-Pasifik, termasuk Jepang, Hong Kong dan Australia, termasuk operasi perbankan investasi dan saham Lehman Brothers di Eropa dan Timur Tengah.

1 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
100 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *