Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

12 September 1683: Konflik 300 Tahun, Wina Membara

1 min read

Ilustrasi. Sumber: istimewa

Read Time58Seconds

TOPRENEUR.id – Hari ini, pada 12 September 1683, pasukan tentara Eropa bersatu untuk mengalahkan Kerajaan Ottoman.

Dikutip dari berbagai sumber, peristiwa ini kemudian dikenal dengan sebutan Pertempuran Wina, sebuah pertempuran dalam Perang Austria-Ottoman, antara pasukan Kerajaan Ottoman dengan tentara Austria dan Polandia. 

Wina, ibu kota Austria, selama dua bulan dikepung oleh tentara Ottoman dan kemenangan sudah hampir jatuh ke tangan mereka.

Namun, kaisar Austria kemudian mendapat bantuan dari Polandia sehingga kepungan tentara Ottoman bisa dilawan dan mereka terpaksa mundur dari medan pertempuran.

Pasukan Austria dari dinasti Habsburg sejumlah 100.000 orang dan sekutu mereka yang dipimpin Charles IV (Duke of Lorraine), 30.000 tentara pimpinan Jan III Sobieski, Raja Persemakmuran Polandia-Lituania, melawan pasukan Ottoman pimpinan Wazir Merzifonlu Kara Mustafa Pasha, yang berjumlah sekitar 140.000 orang.

Pengepungannya sendiri dimulai pada 14 Juli 1683, dan pertempuran utamanya terjadi pada 12 September 1683.

Pertempuran ini menandai titik balik dalam konflik sepanjang 300 tahun antara pasukan kerajaan-kerajaan Eropa Tengah dan Kerajaan Ottoman.

16 tahun setelah pertempuran ini, para kaum Habsburg dari Austria dan sekutu mereka bergerak merebut dan mendominasi wilayah selatan Hongaria dan Transilvania dari Kerajaan Ottoman.

Pengaruh Ottoman semakin kecil, hingga lenyap pada tahun 1923.

1 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
100 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *