8 Doktor UBL Siap Jadi Doktor Andal pada Bidang Ilmu Komputer

Topreneur.ID – Universitas Budi Luhur Jakarta memberikan penghargaan sebesar- besarnya kepada 8 (delapan) Doktor Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Informasi (FTI ) Universitas Budi Luhur  Lulusan FMIPA UGM, mereka berjuang untuk mendapatkan derajat Doktor dalam bidang Ilmu Komputer.

Dalam Ujian Terbuka bagi Deni Mahdiana,SKom, MM, M.Kom sebagai Wakil Dekan Bidang Riset, PPM dan Kemahasiswaan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur dengan Disertasi berjudul “Model Peramalan Jumlah Kasus dan Pola Distribusi Penyebaran Demam Berdarah Dengue“ yang akan diuji tim penguji dari FMIPA UGM yang terdiri dari Drs.Edi Winarko, MSc.Ph.D, Dr.techn, Ahmad Ashari, M.I.Kom, Prof. dr. Hari Kusnanto,Dr.PH., Dr. Techn. Khabib Mustofa, S.Si, M.Kom., Dr. Nur Rokhman, S.Si, M.Kom., Dr. Herni Utami,S.Si,M.Si., Dr. Sri Yulianto Joko Prasetyo, S.Si,M.Kom dan Dr. Ani Kartika Sari, S,Si, M.Sc, Ph.D, dengan Ketua Sidang Dekan Fakultas MIPA UGM Prof. Dr. Triyono,S.U.

Acara Sidang Terbuka berlangsung di Auditorium Fakultas MIPA Universitas Gajah Mada  pada Senin, 14 Mei 2018 . Dihadiri oleh Pendiri Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Drs. Djaetun, HS, Rektor Universitas Budi Luhur Prof.Didik Sulistyanto, Ketua BPH Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro,MBA , Deputi Rektor Bidang Akademik Dr. Wendi Usino ,MM,MSc,  Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Goenawan Brotosaputro, S.Kom, M.Sc, dan beberapa Pejabat.

Sebelumnya Fakultas MIPA UGM sudah meluluskan 7 (tujuh) Doktor Ilmu Komputer dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur dalam Sidang Tertutup , mereka adalah Dr. Achmad Solichin, S.Kom, M.T.I Direktur Penjaminan Mutu judul Disertasi ‘ Analisis Arah Pergerakan Pada Video Menggunakan Ciri Optical Flow “.Dr. Arif Wibowo, S.Kom, M.Kom Wakil Dekan Bidang Akademik FTI Disertasi “Metode Ekstraksi Twitter dan Klasifikasi Berbasis Aturan Untuk Memprediksi kepadatan Lalu Lintas”.

Selain itu, ada pula Dr. Mardi Hardjianto, S.Kom, M.Kom Direktur Pengembangan Teknologi Informasi dengan  Disertasi “Pengembangan Metode Threshold Berbasis Akselerometer Smartphone Untuk Deteksi Jatuh Pada Manusia”, Dr. Hari Soetanto,MSc. Deputi Rektor Bidang Kemahasiswaan Disertasi “Model Berbasis Profile Matching Interpolasi  Untuk Penentuan Kesesuaian Obat dengan Kondisi Pasien“, Dr.Rusdah,S.Kom, M.Kom Sekprodi Magister Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur Disertasinya “Moran’S I Termodifikasi Untuk Konstruksi Fitur Pada Model Diagnosis Smear-Negative Pulmonary Tubercolosis Berbasis SVM dan Aturan“,  Dr. Gandung Triyono, S.Kom, M.Kom Wakil Direktur Teknologi Informasi Disertasi “Pemodelan Sistem Rujukan Cerdas yang Bersesuaian Antara Kondisi Pasien Dengan Rumah Sakit Rujukan“ dan Dr. Utomo Budiyanto, S.Kom, M.Kom, MSc. Direktur Operasional Teknologi Informasi Disertasi “Model E-Learning Sesuai Dengan Gaya Belajar dan Tingkat Kemampuan Peserta Didik”.

Dalam paparan Disertasinya Deni Mahdiana menjelaskan “Demam Berdarah Dengue (DBD) atau disebut juga Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) banyak ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis. Data dari seluruh dunia menunjukkan Asia menempati urutan pertama dalam jumlah penderita DBD setiap tahunnya. Sementara itu, terhitung sejak tahun 1968 hingga tahun 2009, World Health Organization (WHO) mencatat negara Indonesia  sebagai negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara.

Rendahnya kemampuan dalam mengantisipasi kejadian DBD antara lain disebabkan karena waktu, tempat dan angka kejadian belum dapat prediksi dengan baik, belum tersedianya indeks dan peta kerentanan wilayah berdasarkan waktu kejadian, serta belum tersedianya model peramalan kejadian penyakit DBD yang dapat diandalkan.

Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan model peramalan jumlah kasus dan pola distribusi penyebaran penyakit DBD multivariat time series menggunakan kombinasi metode Vector Autoregressive dan Spatial Autocorrelation (VARSA) dengan menggunakan data suhu maksimal, suhu rata-rata, curah hujan, lama penyinaran matahari, jumlah kasus DBD dan data tingkat kepadatan penduduk perkecamatan. 2) Memodifikasi metode peramalan pola distribusi penyebaran DBD spatial autocorrelation menggunakan metode Modified Moran’s I Spatial Autocorelation (MMSA) dengan memasukkan data tingkat kepadatan penduduk dalam matriks pembobotan spasial.

Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah Membantu Dinas kesehatan dalam membuat perencanaan yang matang untuk pencegahan meningkatnya jumlah kasus dan pola distribusi penyebaran DBD dimasa yang akan datang. Perencanaan tersebut diperlukan agar tidak terjadi masalah seperti keterlambatan tindakan pencegahan, bertambahnya korban jiwa dan kurangnya ruangan serta petugas untuk penanganan Pasien DBD.”

Dengan ilmu dan pengalaman akademik yang dimiliki para Doktor Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur diharapkan dapat memperkuat pengembangan kelembagaan pendidikan tinggi dan memberikan pengajaran yang berkualitas kepada para mahasiswa di Universitas Budi Luhur juga bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *