29 November 2020

Anda Mau Mulai Usaha? Ini yang Perlu Dilakukan…

Ilustrasi. Sumber: https://bit.ly/2lYPtcU

Bagikan:

TOPRENEUR.id – Hal pertama yang sangat berpengaruh dalam memulai bisnis adalah menemukan pasar, Anda tidak dapat berbisnis semata-mata karena Anda menyukai atau berminat, walaupun hal itu ikut menentukan dimasa jangka menengah dan panjang.

Siapa pasar yang Anda dekati akan memberi efek. Contoh klasik yang dijumpai adalah warung makanan Padang. Mungkin betul bahwa warung Padang itu dibuka karena pemiliknya orang Padang dan menguasai untuk membuat masakan Padang. 

Namun pada akhirnya rumah makan Padang yang berhasil adalah rumah makan yang berada di perempatan jalan atau dekat pasar dan terminal. Artinya pemilik warung tersebut sejak awal telah berusaha mendekati pasar dan hal itu memberikan jaminan keberhasilan di waktu yang akan datang.

Semenjak penjualan produk berjalan secara online perlu dimaklumi bahwa hal itupun sangat dipengaruhi oleh imajinasi bagaimana cara menyentuh pasar. 

Seseorang memindahkan bisnisnya ke Bali, misalnya, sementara dia tidak mengetahui pasar apa yang laku untuk di Bali. Tapi dia mengambil strategi untuk bekerja sama dengan ojek daring untuk menguasai pasar penjualannya. 

Nyatanya cara itu berhasil karena ojek daring tersebutlah yang membawa produknya mendekati pelanggan. 

Dengan demikian pastikan siapa pasar Anda dan bagaimana mendekati pasar tersebut. Bertahanlah untuk beberapa lama sebelum pasar mengenali Anda, sedangkan selanjutnya mekanisme pasar yang akan mengambil alih bisnis Anda maju dalam jangka singkat atau melambat karena berbagai kendala yang bisa saja dijumpai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *