Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Aplesi: Jabodetabek Butuh Lele 240 Ton Sehari

2 min read

Foto: ist

Read Time1 Minute, 31 Second

TOPRENEUR.ID – Beternak lele bisa dibilang masih cukup menjanjikan. Sebab, kebutuhan akan ikan berkumis ini semakin hari kian membesar. Tak aneh jika dari komoditas ini saja bisa memunculkan beragam peluang bisnis lain dan menyerap tenaga kerja yang lumayan banyak.

Di antara peluang lain selain menjadi peternak adalah menjadi pengepul, pengolah pakan, obat lele, produsen sarana budi daya, hingga pengusaha kuliner olahan lele dari mulai restoran, abon, keripik, kerupuk, nugget, dan lainnya.

Ibnu Subroto selaku Ketua Asosiasi Pembudidaya Lele Seluruh Indonesia (Aplesi) mengatakan jika budi daya ikan lele di masyarakat sudah dikenal sejak lama, dari sistem yang masih tradisional sampai yang modern.

Belakangan, karena tingkat konsumsi lele sangat tinggi di masyarakat, hal ini membuat para pembudidaya lele hadir dengan sejumlah inovasi agar skala produksinya bisa semakin besar.

Dikatakannya, kebutuhan lele untuk kawasan di Jabodetabek saja, per harinya sudah mencapai 240 ton. Dari jumlah tersebut yang sudah bisa dipenuhi baru sekitar 130 ton sehari, sehingga masih menyisakan peluang besar yang bisa diisi oleh para pelaku ternak lele baru.

“Nah, karena kebutuhan pasar yang cukup besar itu, kami inisiasi untuk membuat forum khusus bagi para pelaku ternak lele yang bertujuan untuk mengedukasi mereka menjadi pembudidaya yang serius dan profesional,” katanya. 

Meski berpeluang besar, tapi Ibnu juga mengingatkan jika usaha lele ini memang membutuhkan kemauan yang kuat. Baginya, apapun usahanya, seberapa berat pun tantangannya, jika dilakukan dengan baik, maka secara bertahap pasti akan ada hasilnya.

“Budi daya lele ini tidak mudah, tapi tidak susah juga kalau ada kemauan kuat. Agar bisa sukses di usaha lele, kami berikan teknik dan inovasi dalam pembudidayaan lele sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih baik,” ujar Ibnu.

Salah satu yang menentukan keberhasilan usaha ini adalah terkait pakan. Yang dilakukan oleh Aplesi adalah memberikan pakan dengan teknik fermentasi, dimana dengan sistem ini untuk kebutuhan pakan 1 kg (sekitar 7-9 ekor lele –red) hanya butuh 0,7 ons pakan.

1 0

About Post Author

Muh Haikal

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *