20 Oktober 2020

Berdayakan Petani Kacang Tanah, TaniHub Group Jalin Kerja Sama dengan Garudafood

Istimewa

Bagikan:

TaniHub Group, agritech startup dengan pertumbuhan terbesar di Indonesia, terus membuktikan komitmennya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak demi kemajuan sektor pertanian di negeri ini. Kali ini, perusahaan bekerja sama dengan produsen pangan nasional Garudafood untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia. Kolaborasi ini resmi dimulai setelah kedua belah pihak menandatangani Perjanjian Kerja Sama pada Jumat, 14 Agustus 2020 di Jakarta. 

Melalui kerja sama tersebut, petani binaan TaniFund, platform peer-to-peer lending di bawah TaniHub Group, akan memproduksi kacang tanah yang akan diserap oleh TaniHub dan dipasok untuk Garudafood.

Satu bulan pasca ditandatanganinya kerja sama tersebut, para petani kacang bersiap menyambut musim panen. Dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, manajemen TaniFund dan Garudafood mengadakan acara bersama pada Senin, 7 September 2020 sebagai bentuk ucapan syukur atas proses penanaman dan panen pertama yang berjalan lancar. Kedua belah pihak melakukan seremoni sebagai penanda dimulainya musim panen kacang tanah. Meskipun dilakukan dalam kondisi pandemi, acara ini berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19. 

Dalam kata sambutannya, Saiful mengatakan bahwa petani kacang tanah memerlukan pendampingan dan jaminan pembelian atas komoditas mereka. “Dengan adanya kejelasan offtaker (pihak yang menyerap komoditas), petani akan mendapatkan kepastian harga saat panen raya”, ucap Saiful. Dalam kerja sama ini, TaniFund memberikan pembinaan kepada petani untuk proyek budidaya kacang tanah. Setelah panen, komoditas tersebut akan diserap oleh TaniHub dan dipasok untuk memenuhi kebutuhan Garudafood.

“Jadi, pendampingan dari TaniFund, Koperasi Haraka, dan Garudafood dapat menjamin bagaimana harga yang patut dan layak, supaya bisa menjadikan petani sejahtera. Kalau petani sejahtera, tentunya negara ini dapat menjadi kuat,” tambah Saiful.

Sementara itu, Ivan Arie Sustiawan, CEO TaniHub Group, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bukti komitmen perusahaan yang selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan banyak pihak untuk memajukan sektor pertanian Indonesia. TaniHub Group berharap dapat terus memperkuat perannya dalam menciptakan solusi-solusi pertanian meskipun baru akan menjejaki usianya yang ke-4 pada 24 September mendatang, yang juga merupakan peringatan Hari Tani Nasional.

“Proyek kerja sama ini mencakup 37 hektare lahan dengan nilai Rp425 juta, dan berpotensi untuk naik menjadi 350 hektare di tahun ini dengan total nilai Rp3,5 miliar. Tentunya kami tidak ingin berhenti sampai di situ, karena kolaborasi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dapat berkembang di area-area lain, sehingga pada akhirnya dapat menguntungkan petani dan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Ivan.

TaniHub Group juga membuka peluang untuk memasarkan produk Garudafood melalui aplikasi TaniHub, dan terbuka potensi untuk TaniHub Group bermitra dalam supplier groceries goods, gula, tepung, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *