close menu

Masuk


Tutup x

Presiden Jokowi Ajak Negara G7 Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Presiden Jokowi menghadiri acara G7 di Jerman. (Foto dok Ig Jokowi)

Penulis: | Editor:

Topreneur.id – Presiden Joko Widodo mengajak negara G7 untuk berinvestasi dalam bidang energi ramah lingkungan yaitu mobil listrik.

Jokowi menuturkan, bahwa sesi working lunch KTT G7 di Elmau, Jerman, hari ini mengambil topik perubahan iklim, energi  dan kesehatan

“Saya hadir dan menyampaikan ajakan kepada negara-negara G7 untuk berkontribusi memanfaatkan peluang investasi di sektor energi bersih di Indonesia,” ujar Jokowi dalam laman akun Instagramnya @jokowi di Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.

Di antaranya, pengembangan ekosistem mobil listrik dan baterai litium. Kata dia, Indonesia membutuhkan setidaknya 25-30 miliar USD untuk transisi energi 8 tahun ke depan.

“Transisi ini bisa kita optimalkan sebagai motor pertumbuhan ekonomi , membuka peluang bisnis , dan membuka lapangan kerja baru,” katanya.

Pada hari ini, Jokowi tiba di lokasi KTT G7 di Schloss Elmau  Jerman  setelah menempuh setengah jam penerbangan, kami langsung disambut oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz.

KTT G7 merupakan pertemuan tahunan negara G7 yang beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman  Kanada, dan Perancis.

Menurutnya, Indonesia hadir sebagai negara mitra G7 sekaligus Presidensi G20, bersama pemimpin dari negara mitra G7 lainnya yaitu Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

“Pada pertemuan G7 ini, saya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara yang hadir,” katanya.

Editor