close menu

Masuk


Tutup x

BMKG Sebut Ada Baribis Aktif di Jakarta Berpotensi Gempa Besar

Foto Sesar Baribis (foto dok BMKG)

Penulis: | Editor:

Topreneur.id – Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono membenarkan bahwa ada Sesar Baribis di Selatan Jakarta yang aktif.

Hal itu berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports Nature pada 16 Juni lalu ini berjudul “Implications for fault locking south of Jakarta from an investigation of seismic activity along the Baribis fault, northwestern Java, Indonesia” dan ditulis oleh Widiyantoro bersama tim.

“Hasil kajian tersebut tentu sangat valid karena didukung dengan data gempa hasil monitoring BMKG dan data primer hasil obeservasi lapangan oleh tim peneliti menggunakan peralatan mutakhir didukung dengan metoda yang shahih,” kata Daryono dalam keterangnya di Jakarta Jakarta, Minggu, 26 Juni 2022.

Tentunya, BMKG sangat mengapresiasi hasil kajian ini, karena memberi sumbangan penting untuk melengkapi peta sumber dan bahaya gempa bumi di Indonesia. Terpenting lagi temuan itu dapat menjadi rujukan mitigasi gempa bumi di sepanjang jalur sesar Baribis dan sekitarnya seperti kota besar Bekasi, Bogor dan Jakarta.

Editor