close menu

Masuk


Tutup x

Bamsoet: Gong Xi Fa Cai 2020, Happy Chinese New Year

Istimewa

Penulis: | Editor:

TOPRENEUR.id — Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2571 bertepatan dengan tahun 2020 melalui akun Facebook dan Instagram Pribadinya, Sabtu (25/1/2020).

“Gong Xi Fa Cai 2020, Happy Chinese New Year,” cuit Bamsoet, melalui ucapan format gambar yang disertai kalimat: “Indonesia kuat karena keragaman dan persatuan”. Sementara untuk format MP4, juga disebar melalui Facebook dan Instragam, Ketua MPR RI ini menuliskan, “Pancasila menjaga persatuan dan kesatuan bangsa; NKRI & Bhineka Tunggal Ika, merekat keragaman kita”

Bamsoet juga berharap, perayaan Tahun Baru Imlek lebih mengentalkan keyakinan pentingnya keberagaman di Indonesia. “Keberagaman lebih dari sekadar kekayaan nasional, namun sudah merupakan roh bagi bangsa ini. Pada gilirannya, Tahun Baru Imlek tak hanya menjadi perayaan bagi saudara-saudara kita keturunan Tionghoa, namun juga seluruh elemen bangsa,” ungkapnya

Mantan Ketua DPR RI ini mengingatkan, pentingnya merenungkan bersama bahwa dalam dinamika pemilu serentak yang berlangsung tahun lalu, telah membuat polarisasi yang tajam di tengah kita semua. Setiap perbedaan menjadi perdebatan, politik identitas dan sikap- sikap intoleran semakin mengemuka. Di tingkat masyarakat sempat muncul kekhawatiran tentang masa depan kebersatuan kita di rumah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di beberapa daerah tertentu ada yang mengeluhkan bahwa kelompok primordialnya diperlakukan tidak adil, tetapi pandangan itu ditolak oleh kelompok lain dengan mengatakan justru pihaknyalah yang diperlakukan tidak adil.

” Karenanya, saya mengajak seluruh elemen bangsa ini, untuk terus merawat kebhinekaan bangsa dalam bingkai Pancasila, dan Perayaan Tahun Baru Imlek bisa dijadikan momentum untuk secara bersama-sama membangkitkan kesadaran pentingnya toleransi di antara sesama anak bangsa,” pungkas Bamsoet.

Editor