close menu

Masuk


Tutup x

Ini Satwa Endemik Sulawesi yang Hampir Punah

Istimewa

Penulis: | Editor:

TOPRENEUR.id – Sulawesi mempunyai udang endemik yang masuk ke dalam daftar spesies kritis yang terancam punah. Salah satunya adalah spesies udang harlequin Caridina woltereckae. “Perpaduan coraknya yang cantik dengan dominasi merah marun dan putih menjadikan spesies ini  banyak diburu oleh para pedagang ikan hias,” ucap Daisy Wowor, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Daisy menemukan spesies udang endemik danau Towuti, Sulawesi Selatan ini pada tahun 2009. “Caridina adalah nama genus sedangkan nama spesies woltereckae adalah penghormatan untuk jasa peneliti udang-udangan, Eva Woltereck,” jelas Daisy, dikutip dari laman resmi LIPI, Selasa.

Daisy juga menemukan beberapa jenis udang hias lainnya seperti Caridina mahalona di kompleks danau  Malili, Sulawesi Selatan dan Caridina longidigita di danau Poso, Sulawesi Tengah.

“Danau Towuti merupakan danau purba yang terbentuk akibat proses tektonik yang bersifat oligotrofik. Karakter danau oligotrofik yang memiliki air jernih, miskin zat hara, namun kandungan oksigen memadai menjadi ekosistem yang tepat untuk beberapa spesies flora dan fauna endemik.”

International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah memasukkan Caridina woltereckae  ke dalam daftar merah spesies terancam punah.

“Selain faktor manusia, banyaknya ikan invasif yang ada dan memburuknya kualitas habitat danau semakin memperparah kondisi keberadaan udang hias endemik ini,” demikian Daisy.

Editor