close menu

Masuk


Tutup x

CEO Boleh Dicoba Digital, Rizki Fahrurrozi Berharap UMKM Naik Kelas dengan Digital Marketing

Istimewa

Penulis: | Editor:

TOPRENEUR.ID – M.Rizki Fahrurrozi atau yang akrab dipanggil Oni, CEO & Founder Boleh Dicoba Digital membagikan cerita tentang bagaimana dampak terhadap ekonomi Indonesia ketika UMKM kita naik kelas. Dalam forum TedxUndip di Semarang kemarin, Oni mengatakan kalau dengan adanya internet dan ekosistemnya yaitu social media dan digital marketing, UMKM bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar, tanpa harus mengeluarkan effort yang sama dengan bisnis tersebut yaitu dengan menjual & bersaing secara digital.

Dengan digitalisasi, yang di Jakarta, Sumatra atau Kalimantan pun punya kesempatan yang sama untuk bersaing. Ini baru dari sebagian kecil peluang untuk mengembangkan bisnis yang dapat dilakukan di internet & ini adalah salah satu cara internet mendemokratisasi market.

Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia mencatat bahwa saat ini Indonesia memiliki lebih dari 65 juta UMKM. Dari total tersebut, didominasi oleh usaha mikro sebanyak 98,6%. Klasifikasi usaha mikro adalah bisnis yang memiliki omset sebesar kurang dari Rp 300 juta per tahunnya, omset usaha kecil minimal Rp 2,5 milyar per tahun dan menengah sebesar Rp 50 milyar per tahun.

Bisa dibayangkan, jika kita bisa mengakselerasi persentase jumlah usaha mikro turun di bawah 90%, sementara usaha kecil, menengah, dan besar secara persentase meningkat, bagaimana dampaknya terhadap perekonomian Indonesia?
Hal ini sangat mungkin untuk dilakukan, jika UMKM Indonesia dibekali dengan kemampuan digital marketing yang mendalam. Namun, seperti disampaikan oleh Pak Presiden Joko Widodo, bahwa Indonesia saat ini membutuhkan minimal 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan.

“Jadi kita dapat menarik garis lurus antara kebutuhan talenta digital dengan perkembangan UMKM Indonesia yang sangat berkaitan erat, dikarenakan jika talenta digital dapat membantu banyak UMKM untuk mengakselerasi bisnisnya, target kita untuk meningkatkan kelas UMKM ini akan lebih mudah tercapai,” ucapnya.

Ketika implikasi dari transformasi digital ini berhasil, Oni percaya bahwa Indonesia bisa menjadi G7 bahkan G5 World Economic tanpa harus menunggu sampai 2045!

Editor