Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Bisnis Coba-coba, Kira-kira Apa Risikonya Ya?

2 min read

Ilustrasi: istimewa

Read Time1 Minute, 14 Seconds

TOPRENEUR.id – Anda belum yakin dengan satu bisnis, tapi Anda mau menjajakinya alias coba-coba dulu. APakah ada risikonya?

Penjajakan bisnis dengan melihat kecenderungan pasar pada dasarnya langkah yang baik. Sebab pasar itu tidak kita lihat secara langsung dan nyata. Dalam beberapa hal kadang-kadang pasar tersebut tersembunyi atau berada dibalik produk lainnya.

Jangan lupa pasar itu tidak hanya berupa kehadiran atau keberadaan konsumen. Pasar itu bisa terkait dengan harga, kesanggupan mereka untuk membeli. Pasar juga bisa terkait dengan sentimen minat. Yang didasari oleh latar belakang budaya, selera atau hal lain yang menentukan seseorang mau membeli.

Di daerah yang banyak warteg sebagai contoh akan banyak konsumen yang berlalu lalang. Namun peminat warteg tidak terlalu menyukai kebiasaan makan roti. Maka hal ini mengakibatkan sekalipun jumlah hal layak pasarnya besar namun sentimen seleranya terkait dengan roti tidak cukup besar.

Food truck yang sekarang menggejala menjajakan banyak hal, namun juga tidak setiap jenis makanan tersebut sukses karena tidak semua orang yang suka makanan Korea, misalnya, bersedia makan di pinggir jalan.

Sebuah brand nutrisi rambut, sebagai contoh lain tidak banyak diminati pasar yang sebetulnya cukup besar. Hanya karena pandangan bahwa nutrisi rambut seperti sampo atau jenis lainnya lebih pantas dijajakan dengan cara mencoba daripada hanya sekadar ditampilkan di etalase.

Inilah yang dimaksud dengan penjajakan mengenai kepastian konsumen untuk memancing kecenderungan membeli dan Anda dapat melakukan berbagai percobaan yang bisa dilakukan secara lebih kreatif.

Tentu Anda bisa melakukan modifikasi-modifikasi sesuai keperluan dan kebutuhan pasar tersebut. Rumuskan hasil penjajakan dan terapkan pada produk Anda. 

1 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *