Badan Pembina Lembaga Pendidikan (BPLP) PGRI baru saja menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bersama Rakernas Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Pusat Bidang PAUD. Kegiatan penting ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 9 hingga 12 Juli 2024, di Millenium Hotel Kebon Sirih, Jakarta. Kehadiran ratusan peserta dari seluruh Indonesia menandakan komitmen besar PGRI dalam memajukan pendidikan di Tanah Air.
Rakernas ini dihadiri oleh 500 peserta yang mewakili pengurus PGRI dan YPLP dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berkumpul untuk membahas isu-isu krusial dalam dunia pendidikan dan merumuskan strategi pengembangan pendidikan ke depan.
Transformasi Digital di Sekolah PGRI
Tema besar yang diusung dalam Rakernas kali ini adalah “Transformasi Digital Persekolahan PGRI (PAUD, SD, SMP, SMA/SMK)”. Hal ini menunjukkan komitmen PGRI untuk mengadopsi teknologi digital dalam proses belajar mengajar di seluruh jenjang pendidikan yang berada di bawah naungannya.
Pentingnya adaptasi teknologi digital di sekolah-sekolah PGRI menjadi fokus utama dalam diskusi dan perencanaan strategis. Para peserta diharapkan dapat membawa pulang gagasan-gagasan inovatif untuk diterapkan di sekolah masing-masing.
Menciptakan Sekolah Unggulan dan Berdaya Saing
Salah satu tujuan utama Rakernas adalah untuk mendorong sekolah-sekolah PGRI agar mampu menciptakan lingkungan belajar yang unggul dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing global. Ini meliputi peningkatan kualitas pengajaran, pengembangan kurikulum yang relevan, dan peningkatan fasilitas sekolah.
Dwi Suprihanti, Kepala Sekolah SMP 2 PGRI Bumi Agung Lampung Timur, dan Sekretaris PGRI Bumi Agung, mengungkapkan harapannya agar Rakernas ini dapat menghasilkan strategi konkret untuk mewujudkan sekolah-sekolah PGRI yang unggul. Ia hadir bersama tujuh pengurus lainnya mewakili YPLP PGRI Lampung Timur.
Implementasi Program Pendidikan di Tingkat Lokal
Hasil-hasil Rakernas akan diimplementasikan melalui program-program pendidikan yang telah dicanangkan pemerintah pusat dan BPLP PGRI. Setiap daerah diharapkan dapat menyesuaikan program tersebut dengan kondisi dan kebutuhan spesifik di wilayahnya.
Komitmen untuk menciptakan sekolah yang cerdas, berdaya saing, dan berkarakter menjadi fokus utama implementasi hasil Rakernas. Program-program yang akan dijalankan diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang baik.
Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi
Keberhasilan implementasi program-program tersebut sangat bergantung pada kolaborasi dan sinergi antara berbagai pihak yang terlibat, mulai dari pemerintah, sekolah, guru, orang tua, hingga siswa. Kerjasama yang erat antar elemen ini sangat krusial.
Dengan demikian, Rakernas bukan hanya sekadar pertemuan, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di bawah naungan PGRI.
Kesimpulannya, Rakernas BPLP dan YPLP PGRI Pusat 2024 menjadi tonggak penting dalam upaya transformasi pendidikan di sekolah-sekolah PGRI. Komitmen terhadap transformasi digital, penciptaan sekolah unggulan, dan implementasi program-program yang berdampak diharapkan mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, berdaya saing, dan berkarakter.
Semoga program-program yang dihasilkan dari Rakernas ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia.