21 Oktober 2020

Catat! Besok Malam Univ. Budi Luhur akan Gelar Minang Festival

Bagikan:

topreneur.id – Budi Luhur Minang Festival akan digelar di Auditorium Universitas Budi Luhur pada 16 Februari 2019. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Universitas Budi  Luhur  terhadap pelestarian budaya-budaya yang ada di Nusantara, budaya Minang salah satunya.  

Dalam pagelaran ini akan diisi dengan semarak beragam kegiatan, dari mulai jajanan khas Minang, tari-tarian Minang, sampai pertunjukan saluang oleh Katik Batuah.

Menurut Dr. Yusran selaku Ketua Pusat Studi Kebudiluhuran yang  juga ketua penyelenggara, Festival Minang ini terbuka untuk umum. Jadi, besok malam siap-siap datang dan meramaikan acara ini ya!

Dalam kegiatan ini juga akan diberikan penghargaan kepada tokoh pelestari adat budaya minang, Yus Datuk Parpatiah, oleh Kasih Hanggoro, MBA, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti; Prof. Dr. sc.agr. Ir. Didik Sulistyanto, Rektor Universitas Budi Luhur.

Diketahui, Yus Datuk Parpatiah merupakan budayawan yang dikenal masyarakat Sumatera Barat melalui rekaman petuah adat, drama, komedi dan monolog di kaset. Ia dilahirkan di Nagari Sungai Batang, Agam, Sumatra Barat, pada 7 April 1939.

Sejak 1980 hingga 2015, ia sudah menghasilkan 130 judul karya antara lain, Di Simpang Duo, Maniti Buiah, dan Kasiah tak Sampai yang berbentuk drama, Rapek Mancik dan Bakaruak Arang yang merupakan karya komedi, Pitaruah Ayah, Baringin Bonsai, Diskusi Adat, Panitahan Baralek, Kepribadian Minang, serta Pitaruah Pangulu yang berbentuk petuah adat dan juga dua film yang diproduksi TVRI.

Dalam dekade 1980-an hinggga 1990-an, karya-karya Yus Datuk Parpatiah beredar dalam bentuk kaset di bawah label Balerong Grup Jakarta.

Ratusan ribu kaset karya Yus Datuk Parpatiah tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa negara. Tidak hanya orang Minang yang mendengar karya-karyanya, beberapa peneliti dan pengagum budaya Minangkabau pun turut mengoleksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *