Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Chrisye, Sang Legenda Panggung Musik

2 min read

Google Doodle hari ini. Foto: Screenshot

Read Time1 Minute, 14 Seconds

TOPRENEUR.id – Hari ini pada 16 September 1949 silam, penyanyi kondang Chrismansyah Rahadi atau Chrisye lahir. Chrisye wafat pada usia 57 tahun, 30 Maret 2007 lalu. Ia adalah penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia.

Dikutip Wikipedia, ia dilahirkan di Jakarta dari keluarga Tionghoa-Indonesia. Dirinya sudah tertarik dengan dunia music pada usia muda. Semasa SMA, Chrisye main gitar bas dalam sebuah band yang ia bentuk bersama kakaknya, Joris.

Pada akhir dasawarsa 1960-an dia menjadi anggota band Sabda Nada (yang kemudian hari berganti nama menjadi Gipsy). Pada tahun 1973, setelah mengambil cuti beberapa lama, dia mengikuti band tersebut ke New York untuk main musik.

Setelah kembali ke Indonesia untuk waktu singkat, dia kembali ke New York dengan band lain, yaitu The Pro’s. Sekembali ke Indonesia, pada tahun 1976 dia bekerja sama dengan Gipsy dan Guruh Soekarnoputra untuk merekam album indie Guruh Gipsy.

Setelah keberhasilan Guruh Gipsy, pada tahun 1977 Chrisye menghasilkan dua karya terbaiknya, yaitu “Lilin-Lilin Kecil” tulisan James F. Sundah serta album jalur suara Badai Pasti Berlalu.

Sukses kedua karya ini membuat Chrisye direkrut oleh Musica Studios, yang dengan perusahaan rekaman itu dia merilis album solo perdananya, Sabda Alam, pada 1978.

Selama kariernya yang lebih dari 25 tahun dia menghasilkan 18 album solo lain, serta main dalam satu film: Seindah Rembulan (1981).

Dikenal untuk vokalnya yang halus dan gaya panggung yang kaku, Chrisye dianggap sebagai salah satu penyanyi Indonesia legendaris.

Atas hal itu, dia menerima dua lifetime achievement awarddari BASF Awards dan stasiun televisi SCTV. Pada 2011, Rolling Stone Indonesia menobatkan Chrisye sebagai musisi Indonesia terbaik nomor tiga sepanjang masa.

2 0

About Post Author

Redaksi

Editor
Happy
Happy
100.00 %
Sad
Sad
0.00 %
Excited
Excited
0.00 %
Sleppy
Sleppy
0.00 %
Angry
Angry
0.00 %
Surprise
Surprise
0.00 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *