Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

CleverTap: 86% Pengguna Berhenti Gunakan Aplikasi Pesan-Antar Makanan dalam Dua Minggu Pertama

2 min read
Read Time1 Minute, 40 Seconds

TOPRENEUR.ID – CleverTap, platform daur hidup pelanggan jenis full-stack, dan pemasaran, hari ini menerbitkan Tolok Ukur Industri untuk Aplikasi Pesan-Antar Makanan (Industry Benchmarks for Food Delivery Apps), mengungkapkan sejumlah tren, tantangan, serta praktik terbaik bagi kalangan pemasar dan penerbit aplikasi di pasar dengan persaingan yang sangat sengit ini.

Berdasarkan kajian terhadap lebih dari tiga miliar pesan yang dikirimkan di berbagai aplikasi pesan-antar makanan sesuai permintaan (on-demand) secara global, rangkaian tolok ukur terbaru dari CleverTap menyajikan sejumlah wawasan tentang cara para pemasar dalam mengoptimalkan kinerja aplikasinya.

Enam dari 10 pesanan restoran digital berasal dari aplikasi seluler, dan masing-masing aplikasi pesan-antar makanan menemui sejumlah tantangan besar saat berinteraksi dengan pelanggan dan mempertahankan para pengguna baru:

Registrasi: Hanya 25 persen pengguna yang menyelesaikan proses pendaftaran setelah aplikasi diluncurkan untuk pertama kalinya.


Retensi: Hanya 22 persen dari pengguna baru yang tetap aktif setelah minggu pertama.


Churn: Secara mengejutkan, ada 86 persen pengguna baru yang berhenti memakai aplikasi dalam dua minggu setelah peluncuran perdana.


Menghapus Aplikasi (uninstall): 54 persen pengguna baru benar-benar menghapus aplikasi dalam bulan pertama.


“Bisnis pesan-antar makanan tengah berkembang pesat berkat kenyamanan yang ditawarkannya di tengah gaya hidup yang sibuk. Di saat bersamaan, persaingan kian sengit. Sektor aplikasi pesan-antar makanan memiliki rintangan usaha dan penutupan bisnis (entry and exit barriers) yang rendah, dengan demikian, aspek churn dan retensi tetap menjadi tantangan. Kunci dari mengatasi kedua tantangan tersebut adalah menyediakan pengalaman yang berbeda di setiap tahap pada daur hidup pengguna,” ujar Almitra Karnik, Global Head of Marketing, CleverTap.

“Langkah untuk menunjukkan nilai tambah yang memadai agar seorang pengguna mau mendaftarkan diri hanyalah tantangan pertama. Anda juga perlu memberikan insentif kepada para pengguna untuk memakai aplikasi dan menjalankan transaksi in-the-moment secara berulang-ulang. Lewat laporan ini, para pemasar kelak mempelajari aplikasi mereka secara lebih lanjut di tengah peta persaingan, dan memahami cara untuk mengungguli persaingan tersebut.”

Laporan ini menyajikan sejumlah rekomendasi berdasarkan data dan dapat ditindaklanjuti guna mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Selain praktik-praktik terbaik dalam meningkatkan interaksi pelanggan dan meraih loyalitas pelanggan, laporan ini menawarkan berbagai kiat tentang cara peningkatan click-through rates (CTR) lewat emoji tertentu.

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *