Di Era Digital, Ibu Rumah Tangga di Samarinda Belajar Coding

Image: Dok. Bekraf

Topreneur.ID – Belasan Ibu Rumah Tangga di Samarinda mendapatkan keterampilan di bidang digital khususnya dalam pembuatan front end website. Keterampilan tersebut diperoleh dengan mengikuti pelatihan Coding Mum selama dua minggu sejak 23 April lalu di Rumah Kreatif BUMN Telkom Samarinda.

Pelatihan Coding Mum Samarinda merupakan bagian dari rangkaian Coding Mum yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space). Setelah sukses sejak awal diselenggarakan tahun 2016 lalu, Coding Mum berlanjut di tahun ini dengan target peserta ibu rumah tangga, penyandang disabilitas dan buruh migran di luar negeri.

Hingga saat ini Coding Mum sudah berhasil meluluskan lebih dari 350 peserta yang dinilai mumpuni mengaplikasikan keterampilan mereka dalam mengelola coding secara mandiri.

“Ibu rumah tangga merupakan potensi yang luar biasa bila diberi kesempatan untuk mengakses dunia kerja di era digital. Untuk itu Bekraf mencoba memfasilitasi mereka dengan memberikan akses memperoleh keterampilan digital melalui pelatihan coding sehingga mereka mampu mengoptimalisasi potensi mereka untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik,“ucap Poppy Savitri, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Image: Dok. Bekraf

Berbeda dengan kegiatan pembelajaran coding pada umumnya, penyampaian materi dalam pelatihan Coding Mum disajikan secara menarik dengan menggunakan kosakata yang lebih sederhana dan beberapa perumpamaan yang dekat ­dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga bisa lebih mudah mencerna setiap penjelasan dan arahan mentor.

Setelah mendapatkan arahan dan materi selama hampir dua minggu, di akhir pelatihan peserta Coding Mum Samarinda mempresentasikan website  mereka di hadapan juri untuk diberi saran dan masukkan. Usai kegiatan, Bekraf dan Kolla Space secara simbolis memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada para peserta yang telah tekun mengikuti pelatihan coding hingga akhir.

Poppy menambahkan selain menjadi salah satu program unggulan Bekraf, pelatihan Coding Mum ini juga merupakan bagian dari skenario besar yang dilakukan Bekraf dalam rangka mencapai sasaran strategis dalam upaya menyerap tenaga kerja sektor ekonomi kreatif sehingga mampu mencapai target tujuh belas juta orang pelaku ekonomi kreatif di tahun 2019 mendatang.

Setelah Samarinda kegiatan Coding Mum 2018 juga sedang dan akan diselenggarakan di beberapa kota lainnya yaitu, Batam, Sorong, Pontianak, Lampung dan Palembang. Sedangkan di luar negeri, kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Singapore, Bandar Sri Begawan, Hongkong, Shanghai dan Seoul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *