dr Hilwa Saleh Alwaini: Berobat Estetika Tak Perlu ke Luar Negeri

Topreneur.id – Untuk memudahkan gaya hidup orang-orang yang cenderung lebih produktif, Hilwa Saleh Alwaini bersama dua rekannya membuat terobosan dengan membangun bisnis yang bergerak di bidang kecantikan dengan konsep one stop beauty clinic.

Dengan nama Nurtura Aesthetic and Wellness, kliniknya dibangun sejak dua tahun lalu di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Terkait bisnisnya ini dirinya selalu mengedepankan untuk menggunakan peralatan-peralatan paling mutakhir.

Menurut wanita bernama lengkap dr Hilwa Saleh Alwaini, saat ini konsumen Nurtura terdiri dari beragam umur dan kalangan. Terkait umur, konsumen mulai dari usia 18 tahun hingga 60 tahun. Mereka umumnya adalah perempuan, meskipun ada juga pria yang menjadi konsumennya. “70 persen konsumen kami adalah wanita, selebihnya pria,” sebut Hilwa.

Diakuinya, saat ini kesadaran masyarakat untuk tampil lebih cantik dan sehat, sudah lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini diprediksi lantaran adanya pengaruh media sosial, tuntutan pekerjaan, maupun tuntutan sosial. “Konsumen kami ada yang dari kalangan mahasiswi, para karyawan, ibu rumah tangga, sampai para pengusaha wanita,” katanya.

Diakuinya, salah satu tantangan dalam pengembangan klinik estetika adalah harus keep upto date terhadap teknologi kecantikan yang berkembang sangat pesat di dunia. Oleh sebab itu, dirinya dan timnya juga terus mengikuti perkembangan tersebut dengan mengikuti beragam seminar dan simposium. “Kalau tidak begitu, sebagai dokter kita akan ketinggalan. Sebab teknologi di bidang kecantikan ini berkembang cepat,” tuturnya.

Saat ini Nurtura digawangi oleh 4 dokter yang memiliki spesialisasi di bidang estetika. Hilwa sendiri merupakan jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 2009. Pada tahun 2009 – 2010, Hilwa sempat mengenyam pendidikan di Medical Science University of Melbourne Researcher in Plastic Surgery Department, The Northern Hospital, Melbourne. 

Hilwa yang sejak awal bercita-cita memiliki klinik kecantikan yang holistic, terus bersemangat untuk memperdalam pengetahuannya dengan mengikuti kursus terkait kesehatan kulit. Pada 2017, dia akhirnya meraih Diploma of Aesthetic Medicine by American Academy of Aesthetic Medicine.

Dirinya melihat jika prospek di bidang estetika ini akan tetap bagus dan semakin berkembang. Sebab demand pasarnya yang tidak bakal habis. Ia mengumpamakan, bidang ini sama seperti bisnis makanan, dimana orang akan selalu mencarinya. “Banyak pasien kami yang merasa kejauhan ke lokasi kami. Ini artinya demand pasar masih cukup besar. Untuk itulah kami berencana dalam dua tahun ini sudah bisa membuka cabang baru di sekitar selatan Jakarta. Hal ini sesuai dengan mimpi kami untuk membuka cabang baru di beberapa area di Jakarta.”

Termasuk dalam pelayanan, dirinya juga akan melengkapinya, misalnya, dengan membuka layanan bedah plastik, dan lain-lain. Saat ini pasien Nurtura bisa mencapai hingga 300 orang per bulan. “Tapi itu pun tergantung bulannya. Kalau Ramadan umumnya orang agak malas untuk treatment. Nah, di jelang Lebaran atau musim liburan biasanya yang ramai,” ujarnya.

Dengan peralatan sekelas Eropa, Nurtura lebih banyak menerima pasien untuk layanan slimming dan laser wajah. Hilwa menjelaskan, di antara para pasiennya sekira 70-90% merasa puas dengan layanan yang diberikan sehingga mereka kembali lagi.

“Dengan mereka repeat, artinya mereka happy dengan hasil yang didapatkannya. Perlu diketahui, penanganan untuk setiap pasien itu berbeda-beda. Untuk slimming umumnya bisa 4 kali treatment, kami juga atur pola dietnya. Soal hasilnya, kalau dia mengikuti saran dokternya, kadang hanya dua bulan sudah selesai.”

Ke depan dirinya ingin agar klinik lokal seperti Nurtura ini bisa sebanding dengan klinik-klinik internasional. Sebab, kenyataan saat ini masih banyak masyarakat yang berobat estetika ke luar negeri. Padahal, standar dan peralatan yang digunakan oleh klinik lokal juga berstandar internasional. Demikian pula dengan SDM, kualitasnya sama dengan klinik-klinik ternama luar negeri. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *