Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Ekonomi Digital Bakal Jadi Primadona Baru Ekonomi Dunia

2 min read

Ilustrasi: Istimewa

Read Time1 Minute, 25 Second

Topreneur.id – Ekonomi digital ke depan diprediksi bakal menjadi primadona ekonomi dunia. Hal ini dikatakan Bari Arijono selaku praktisi yang telah malang melintang di bidang digital.

Baginya, meski memiliki peluang yang terbuka lebar, tapi dirinya juga tak menampik masih terdapat sejumlah permasalahan utama dalam membangun bisnis digital di Tanah Air.

Beberapa kendala itu seperti mindset, budaya dan sulitnya menemukan talenta digital yang siap pakai, persaingan dengan perusahaan asing yang skalanya lebih besar serta kepercayaan orang Indonesia terhadap perusahaan lokal yang masih rendah.

“Dengan beragam masalah yang ada tersebut, kami berinisiatif dengan membangun Pusat Pelatihan Digital dalam rangka mencetak talenta-talenta baru yang siap mendukung Making Indonesia 4.0. Fokus kami untuk segmen SMB (Small Medium Business) atau UMKM yang menjadi pondasi perekonomian bangsa,” ujarnya.

Bari juga melihat pentingnya membangun komunitas digital sebagai wadah sharing knowledge & experiencesuntuk meningkatkan literasi dan inklusi digital. Dirinya juga banyak terlibat dalam berbagai workshop dan pelatihan digital.  

Baca Juga:

Futri Zulya Savitri, Berdayakan Masyarakat Melalui Bisnis

“Saya ingin anak-anak muda Indonesia bisa mengubahmindset dan menjadi pemuda yang siap berubah, bermimpi besar, berperilaku kreatif, dan selalu mengedepankan inovasi,” ucapnya.

Sebagai praktisi bisnis digital, Bari melihat jika di masa depan beberapa bidang bisnis digital sangat berpeluang mendulang kesuksesan. Dirinya menyebut beberapa di antaranya seperti perusahaan yang bergerak di bidangtravel technology (TravelTech), FoodTech, FinTech, dan Blockchain seperti digital currency.

The world is changing, people is shifting and I believe digital economy will be the King! Saya meyakini jika ekonomi digital itu akan menjadi primadona ekonomi dunia. Saat ini ekonomi konvensional sedang shifting ke ekonomi digital. Dengan kondisi tersebut, siap tidak siap kita harus mampu mengikuti perkembangan teknologi digital yang begitu cepat,” demikian Bari.

0 0

About Post Author

Muh Haikal

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *