Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Geopark di Sumbar Menuju Kelas Dunia

2 min read

Istimewa

Read Time1 Minute, 22 Seconds

TOPRENEUR.id – Lomba lari Minang Geopark Run (MGR) menjadi ajang yang efektif dalam mewujudkan Taman Bumi (Geopark) di Sumatera Barat (Sumbar) menjadi geopark kelas dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG).

“Penyelenggaraan MGR ini menjadi sarana promosi bagi destinasi geopark di Sumbar sekaligus sebagai road to UGG tahun mendatang,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani, dalam siaran persnya, Rabu.
 
Rizki Handayani didampingi Bupati Agam Dr. H. Indra Catri, Ketua Pelaksana MGR 2019 YV Tri Saputra, menjelaskan, wisata olahraga (sport tourism) MGR menjadi sarana untuk menciptakan “awareness” di kalangan akademisi, pebisnis, pemerintah, komunitas, dan media (pentahelix) dalam mewujudkan geopark di Sumbar menjadi UGG.

Attack geopark berlangsung pada 30 November 2019 dengan dua kategori, yaitu kategori Ultra dan Relay yang memiliki rute tempuh dengan persyaratan, untuk Kategori Ultra (Perorangan) mengambil rute yakni start Lubuk Basung dan finish di Ngarai Sianok dengan peserta pelari ultra perorangan.

Sementara untuk kategori Relay terdapat tiga titik start yang bisa ditempuh dengan tiap tim diberikan kewenangan untuk menentukan dan memilih siapa saja anggota tim yang akan menempuh masing-masing rute.

Sementara untuk Start Lubuk Basung ditempuh oleh 3 orang pelari, Start Istana Pagaruyuang ditempuh oleh 3 orang pelari, dan Start Kelok Sambilan ditempuh oleh 4 orang pelari yang masing-masing titik start akan finish di titik Ngarai Sianok.

Para peserta sebagian besar datang dari komunitas lari beranggotakan 10 orang atau satu tim beranggotakan 10 orang dimana dalam tim tersebut harus ada 1 orang pelari perempuan.

Sementara untuk Inovasi Explore Geopark akan berlangsung pada 1 Desember 2019 yang memiliki tiga pilihan jarak tempuh yang bisa dipilih oleh pelari. Dengan rute Ngarai Sianok – Janjang Saribu. Untuk inovasi Explore Geopark peserta mendaftar secara perorangan dengan pilihan jarak 5K, 10K, dan 21K.

1 0

About Post Author

Redaksi

Editor
100 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *