27 Oktober 2020

Gojek Siap Layani Masyarakat Sekaligus Buka Kesempatan UMKM untuk Go Online

Foto: istimewa

Bagikan:

Topreneur.id – GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, kini hadir di Kota Tarakan. Sejak didirikan pada tahun 2010 dan aplikasinya diluncurkan pada tahun 2015, GOJEK telah membuktikan bahwa pengemudi ojek dapat melakukan banyak hal, lebih dari sekadar memberikan layanan transportasi. Melalui teknologi, GOJEK telah meningkatkan taraf hidup jutaan pengusaha mikro termasuk mitra pengemudi, pemilik restoran, pengusaha rumahan dan profesional lainnya.

Hadirnya GOJEK di Tarakan, diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan berbagai layanan lengkap dengan mudah dan di saat yang sama membantu pekerja sektor informal serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memperoleh pendapatan lebih baik melalui teknologi.

Peresmian hadirnya GOJEK di Tarakan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Utara, H. Udin Hianggio, B.Sc. Pada pidatonya, Wagub sampaikan bahwa, “Kehadiran GOJEK dapat membuka kesempatan bagi terciptanya lapangan pekerjaan sekaligus meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia khususnya di Tarakan. “

Dalam pidato tersebut, disampaikan pula harapan agar GOJEK dapat bermanfaat dengan baik bagi masyarakat kota, serta tulus santun dan ramah dalam melayani. Terakhir, Wagub melalui pidatonya juga berharap para mitra driver dalam pelayanannya senantiasa menaati peraturan lalu lintas.

VP GOJEK Regional Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja mengatakan “GOJEK memiliki misi untuk memberikan manfaat sosial seluas mungkin bagi jutaan masyarakat Indonesia. Dengan operasional yang diperluas, kami berharap lebih banyak lagi UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra driver di tarakan yang bisa merasakan manfaat teknologi, khususnya dalam membantu perekonomian daerah.”

Komitmen GOJEK dalam mendorong kesejahteraan mitra terbukti turut berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2018 mengungkapkan, GOJEK telah berkontribusi Rp 16,5 Triliun per tahun dari penghasilan mitra driver dan Rp 18 Triliun dari mitra UMKM terhadap perekonomian nasional.

Manfaat GOJEK Bagi Masyarakat Tarakan

Di Tarakan, GOJEK akan mulai beroperasi dengan tiga layanan. GO-RIDE untuk mengantar penumpang, GO-FOOD untuk mengantar makanan dan GO-SEND untuk mengantar barang.

Melalui GO-RIDE, kehadiran GOJEK memberi alternatif bertransportasi bagi masyarakat Tarakan maupun penduduk sekitar yang berkunjung ke kota ini. Sebagai kota Paguntaka, banyak orang dari kabupaten-kabupaten di Kalimantan Utara yang berkunjung ke Tarakan untuk berbagai keperluan. Kehadiran layanan GO-RIDE diharapkan dapat membantu kebutuhan mobilitas masyarakat di Tarakan, sehingga roda perekonomian daerah pun semakin meningkat perputarannya.

Selain kemudahan transportasi, GOJEK di Tarakan berkomitmen untuk mendukung pengembangan sektor UMKM. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Utara, di Tarakan terdapat 5.450 pelaku sektor UMKM. Di mana 90%-nya dikategorikan sebagai usaha mikro. Potensi kewirausahaan di masyarakat inilah yang akan didukung GOJEK lewat layanannya, terutama melalui GO-FOOD.

Anandita mengatakan, “Melalui layanan pengantaran makanan GO-FOOD, UMKM di Tarakan, khususnya UMKM kuliner punya kesempatan untuk go online. Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Tarakan yang mendorong UMKM memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperluas jangkauan pemasarannya. Berdasarkan riset yang dilakukan LD FEB UI pada tahun 2018, 93% UMKM mengalami peningkatan transaksi setelah bergabung dengan GOJEK. Meningkatnya jumlah transaksi tentu akan berdampak pada perkembangan usaha mereka,” tambah Anandita.

Konsumen Dapat Menggunakan Aplikasi GOJEK dengan Mudah

Masyarakat Tarakan dapat menikmati berbagai layanan GOJEK dengan mengunduh aplikasi GOJEK di PlayStore atau AppStore, kemudian melakukan registrasi sebagai konsumen. Untuk melakukan pemesanan layanan, konsumen dapat memilih layanan lewat menu utama di aplikasi GOJEK. Konsumen dapat memilih layanan sesuai kebutuhan, baik itu GO-RIDE, GO-FOOD ataupun GO-SEND.

Untuk GO-RIDE dan GO-SEND, konsumen perlu mengisi data berupa informasi mengenai lokasi penjemputan serta tempat tujuannya. Untuk GO-FOOD, pelanggan bisa memilih berbagai menu makanan dari tempat makan yang telah bekerja sama dengan GO-FOOD. Kemudian pelanggan bisa menentukan lokasi pengantaran makanannya. Sebelum melakukan konfirmasi pemesanan, pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai biaya yang dibutuhkan. Setelah pesanan dikonfirmasi, aplikasi akan mencarikan mitra driver yang tersedia untuk menyelesaikan pemesanan ini.

Selanjutnya, konsumen dapat melakukan pembayaran dengan tunai kepada mitra driver maupun dengan saldo GO-PAY yang dapat diisi lewat berbagai metode, seperti di jaringan Alfa Group, internet banking, ATM dan mobile banking. (bbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *