Hasan Gaido Ajak Generasi Milenial Jadikan Indonesia sebagai Kiblat Ekonomi Syariah Dunia

Foto: ist

Topreneur.ID – Potensi besar ekonomi syariah Indonesia nyatanya tak diikuti dengan grafik pertumbuhan yang menggembirakan. Bagaimana tidak, di sektor perbankan syariah saja pangsa pasar keuangan syariah terhadap industry perbankan hanya berada di kisaran 5,3%, kalah jauh dari Malaysia dengan 23,8% dan Arab Saudi dengan 51,1%.

“Padahal Indonesia merupakan Negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dengan mayoritas 85,2% atau 224 juta lebih warganya beragama Islam. Namun ketidakhadiran para pemain besar dan minimnya kesadaran masyarakat muslim Indonesia dalam menjadikan syariah sebagai kebutuhan hidup, menjadi salah satu faktor mengapa Indonesia hanya menjadi target pasar Negara lain di segmen ekonomi syariah,” kata CEO Gaido Group Muhammad Hasan Gaido dalam Seminar International Milenial Day 2108 di SME Tower, Jakarta Selatan, Kamis (8/2).

Menurut Hasan lambatnya pertumbuhan di segmen perbankan syariah, salah satunya juga diakibatkan oleh switching rate (tingkat perpindahan) nasabah ke perbankan syariah masih rendah.

“Ini menandakan konsep syariah belum menjadi pilihan gaya hidup masyarakat muslim Indonesia saat ini. Disamping juga masih minimnya pengusaha Indonesia yang ‘melek’ dan turun tangan untuk menggeluti ekonomi syariah ini,” ujar Hasan yang juga merupakan Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) dihadapan 600 Mahasiswa yang hadir.

Untuk itu, Hasan mengajak semua mahasiswa generasi milenial muslim saat ini untuk terus menumbuhkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup berbasis syariah dan bahkan ikut berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dengan turut melakoni segmen bisnis syariah.

Foto: ist

“Karena sebenarnya tak susah untuk memulai bisnis di syariah ini. Saya saja memulai dengan modal sangat minim dan mulai dengan 1 karyawan. Alhamdulillah sekarang dengan kemauan kuat dan atas ijin Allah selama 15 tahun perusahaan saya terus berkembang dan telah ada lebih dari 20 perusahaan saat ini,” tutur Hasan disambut antusias oleh para Mahasiswa.

Intinya, lanjut Hasan, asalkan mau memulai, punya keyakinan, punya kebanggan dan passion pada segmen syariah sisanya adalah keimanan dan tawakkal pada Allah, insyaAllah kita akan diberi jalan menuju kesuksesan.

“Jadi mulai tanamkan dalam diri jangan takut dan menjadikan gagal sebagai pilihan. Tanamkan pilihan sukses atau sukses, maka apapun kesulitan yang dihadapi pasti bisa dilalui,” papar Hasan.

Hasan berpesan agar mahasiswa dan generasi milenial saat ini mampu menyadi betapa besar potensi ekonomi syariah Indonesia. Ia meminta agar menanamkan mental pengusaha sedari dini dan jangan mau hanya jadi pekerja.

“Jika semua generasi milenial mau bahu membahu dan berinisiatif mendorong perkonomian syariah di Indonesia, saya yakin mimpi Indonesia, mimpi saya dan mimpi Gaido Group untuk menjadikan Indonesia sebagai sentra ekonomi syariah dunia bisa terwujud,” pungkasnya. hasan juga mengaku kegiatan ini sejalan dengan visinya bersama Gaido Group di tahun 2045, tepat di 100 tahun kemerdekaan Indonesia, yaitu terwujudnya Indonesia sebagai Kiblat Ekonomi Syariah Dunia.

International Milenials Day 2018 merupakan ajang talkshow untuk memberikan informasi pendidikan dan tips berwirausaha bagi generasi milenium untuk lebih mendapatkan bantuan dalam perencanaan akan apa yang akan dan bisa dilakukan dalam memulai sebuah bisnis.

Dalam acara ini turut hadir sebagai pembicara Dewan Pembina Youthpreneur Community Roy Darmawan, CEO Gaido Group Muhammad Hasan,  CEO Harmony Land Group Fithor Muhammad, Manager of Asia Pacific University Thomas Tanama dan CEO Excellent Group Ellies Sutrisna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *