Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Ikuti Tren Bisnis Boleh, Tapi Jangan Lupakan Inovasi

2 min read

Ilustrasi: istimewa

Read Time1 Minute, 16 Second

TOPRENEUR.id – Tren dalam bisnis itu penting, karena hal itu menunjukkan arah orientasi kegandrungan konsumen kalau anda mengikuti tren maka sudah hampir pasti sebagian dari konsumen yang menyukai tren tersebut akan Anda kuasai.

Namun demikian Anda benar, bahwa tren itu bisa sementara saja oleh karena itu sekadar meniru tidak selalu melanggengkan keuntungan dalam bisnis.

Oleh karena itu dalam setiap bisnis selalu harus diyakini adanya pergerakan produk baru melalui modifikasi ataupun inovasi kecenderungan Anda untuk memperbaiki produk atau menambahkan produk akan membuat Anda terjaga karena variasi bisnis Anda semakin lama akan semakin melebar.

Bahkan pada beberapa kasus ekstrim ada beberapa variasi produk baru malah membuat bisnis Anda tampil jaya. Jadi dengan kata lain dapat diduga bahwa produk terdahulu sebagai tren itu hanya awal saja justru yang diminati lebih lanjut adalah pengembangan melalui modifikasi atau inovasi itu sendiri.

Contoh yang sederhana adalah sebuah warung kopi, karena tren sekarang seorang cenderung ngopi maka warung kopi Anda laku. Namun dari beberapa konsumen kopi, ada yang menanyakan mengenai roti bakar ketika Anda menyuguhkan roti bakar tersebut jumlah konsumen anda 3x berlipat. 

Hal ini menunjukkan sebetulnya roti bakarlah yang menjadi primadona walaupun Anda tidak boleh meninggalkan kopi sebagai menu utama.

Perumpamaan ini berlaku untuk start up bisnis e-commerce, bisnis teknologi atau bisnis-bisnis lainnya yang tidak konvensional. Tapi hukum alamnya tetap sama bahwa satu produk akan diikuti oleh produk ikutan dan produk ikutan itu bisa saja menjadi primadona dalam bisnis anda.

Maka sensitiflah terhadap pengembangan karena pengembanganlah satu-satunya jaminan agar bisnis Anda berjalan secara langgeng. 

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *