21 Juni 2021

Indonesia Diharapkan Jadi Kiblat Otomotif Kendaraan Listrik Dunia

2 min read

Istimewa

Bagikan:

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) memimpin rapat Final Tim Formatur penyusunan kepengurusan IMI periode 2021-2024. Rapat formatur memutuskan Ketua Dewan Pembina Letjen TNI AD AM Putranto dengan anggota antara lain Hutomo Mandala Putra, Nanan Soekarna, Sambudi Gustian, Tinton Soeprapto, Ricardo Gelael, Rommy Winata, Iwan Bule, Prasetyo Edi Marsudi dan lain-lain. Sementara Sekretaris Jenderal dipegang Ahmad Sahroni, Bendahara Umum dipegang Effendi Gunawan. Para Wakil Ketua Umum antara lain Sadikin Aksa, Boy Haryanto Joedo, Rifat Sungkar, M Riyanto, Judiarto (Event Internasional), Tengku Irvan Bahran (Motorsport Digital) dan Muhamad Setiawan (Pengembangan Kendaraan Listrik).

Pengurus di bidang balap roda empat dan roda didominasi oleh anak-anak muda milenial pembalap prestasi.

Pelantikan pengurus rencananya dilakukan oleh Ketua KONI pada awal Februari 2021, dihadiri Menteri Perhubungan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Perindustrian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga Kapolri. 

“Para tokoh balap dan otomotif nasional juga terlibat dalam kepengurusan IMI 2021-2024. Antara lain Moreno Soeprapto di Badan Penasehat. Rifat Sungkar sebagai Wakil Ketua Umum Mobilitas dan Ananda Mikola sebagai Ketua Komisi Balap Mobil. Para milenial dan selebritis pecinta otomotif juga ambil bagian. Antara lain Rudy Salim sebagai Wakil Bendahara. Di Bidang Komunikasi dan Media Sosial ada Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Andre Taulany, Gading Marten hingga Jolene Marie,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (15/1/21). 

Mantan Ketua Komisi III DPR RI dan Ketua DPR RI ke-20 ini mengungkapkan, beberapa nama senior di dunia balap dan otomotif juga akan terlibat di kepengurusan IMI 2021-2024. Antara lain Letjen TNI A.M Putranto, Tinton Soeprapto, Hutomo Mandala Putra (Tomy Soeharto), Ricardo Gelael, Rosan Roeslani, Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna, Romy Winata, hingga Yapto Sumarmo yang berada di Badan Pembina. 

“Kombinasi senior-junior akan menguatkan semangat gotong royong di kepengurusan IMI 2021-2024. Karena memajukan industri dan olahraga otomotif perlu melibatkan banyak pihak, baik dari unsur pemerintahan hingga berbagai kalangan masyarakat,” ungkap Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, dalam kepengurusan IMI 2021-2024 akan ada posisi baru, yakni Direktur Pengembangan Kendaraan Listrik yang akan dipegang oleh Setiawan. 

“Salah satu misi IMI adalah mempercepat migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar fosil ke kendaraan bermotor listrik. Bersama pemerintah, IMI ingin mewujudkan Indonesia sebagai kiblat otomotif kendaraan bermotor listrik dunia. Karena kita punya sumber daya nikel yang luar biasa, market yang besar dengan 260 juta penduduk, serta infrastruktur jalan hingga pelabuhan yang sangat layak sebagai penunjang ekspor,” pungkas Bamsoet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *