Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Ini Kiat-kiat Sukses Berbisnis Kuliner

2 min read

Foto: Istimewa

Read Time1 Minute, 18 Second

TOPRENEUR.ID – Bisnis kuliner tidak ada habisnya. Sepanjang manusia membutuhkan makanan, maka bisnis kuliner akan tetap bersinar. Lalu, apa rahasia suksesnya?

Berikut-kiat-kiat yang bisa dilakukan:

Pilihlah Tempat yang Tepat

Tempat memiliki peranan penting. Jika salah memilih tempat, bisa saja usaha kuliner Anda susah mendapatkan pelanggan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bisa memilih dan menempatkan usaha Anda pada tempat-tempat yang berada pada kawasan strategis dan bisa menarik konsumen. Pilihannya beragam, misalnya, tempat wisata, sekitar kampus atau perkantoran, dan pusat-pusat komunitas berkumpul.

Ciptakan Brand yang Khas

Brand ini memiliki peran sangat penting bagi pengembangan identitas bagi perusahaan Anda. Jika Anda telah memiliki brand yang sangat populer dan menarik maka modal besar telah Anda peroleh untuk menuju sukses. Di banyak tempat, banyak brand yang terpaut dengan daerah, misal Nasi Pecel Khas Madiun, Nasi Soto Khas Betawi, Es Dawet Ayu Banjarnegara, dan lainnya.

Pastikan Cita Rasa Kuliner

Umumnya, pemburu kuliner daerah sudah mengetahui rasa kuliner yang ingin disantapnya. Nah, untuk hal itu pastikan citarasanya disesuaikan dengan rasa asli jenis kuliner tersebut. Untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai Anda harus berburu dan mencicipi makanan khas yang akan Anda jadikan bisnis.

Konsep Unik

Jangan lupakan tentang keunikan, sebab hal itulah yang akan membuat kuliner Anda selalu diingat konsumen. Keunikan ini, misalnya, Anda buat pada kemasan, kombinasi rasa, sajian menu pendamping atau pada tempat yang bergaya khas daerah.

Perhatikan Pelayanan

Bagaiamanapun service atau pelayanan memegang peranan yang begitu penting. Sekali pelayanan kurang baik, maka siap-siap Anda ditinggalkan konsumen. Sebaliknya, jika pelayanan yang ditampilkan prima dan istimewa, hal tersebut Anda mengundang lebih banyak lagi konsumen untuk datang. 

0 0

About Post Author

Muh Haikal

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *