Iwan Sunito, Pengusaha Asal Indonesia yang Jadi Raksasa Bisnis Properti di Australia

Topreneur.ID – Pencapaian Iwan Sunito yang sukses sebagai pengusaha di Australia menjadi inspirasi bagi banyak orang. Lahir di Surabaya, Jawa Timur, saat ini Iwan mengembangkan bisnis propertinya di jantung kota Sydney, Australia.

Iwan Sunito tercatat sebagai pemilik Crown Group Holdings (Crown Group) yang merupakan perusahaan properti terkemuka Australia yang mengkhususkan diri dalam pengembangan properti, investasi properti dan hotel.

Perusahaan ini adalah didirikan oleh seorang arsitek bernama Iwan Sunito dan seorang insinyur, Paul Sathio pada tahun 1996. Semenjak didirikan, nilai proyek yang sedang dikerjakan sudah mencapai Rp. 50 triliun dalam lini usahanya.

Diketahui, Iwan Sunito lulus dengan gelar Bachelor of Architecture (Hon) dan Master of Construction Management dari universitas UNSW. Pada tahun 1993, Iwan Sunito telah terdaftar sebagai arsitek di Negara bagian NSW dan dianugerahi UNSW Eric Daniels Award for Excellence in Residential Design.

Iwan Sunito juga meraih penghargaan EY Entrepreneur of The Year Award 2013 dan Property Person Of The Year 2015 dari Urban Taskforce Australia.

Sementara Paul Sathio lulus dengan gelar Bachelor degree in Civil Engineering dari university of Technology Sydney (UTS) dan Master of Engineering Science dari universitas UNSW. Paul Sathio memiliki pengalaman lebih dari dua dekade dalam industri konstruksi dan pengembangan.

Sejak perusahaan ini didirikan tahun 1996, Crown Group telah berhasil menyelesaikan pembangunan utama di lokasi terbaik Sydney termasuk Bondi, Bondi Junction, Parramatta, Ashfield, Epping, Homebush, Newington, Pennant Hills dan Rhodes dan terakhir hunian vertikal dengan 28 lantai V by Crown Group di Parramatta.

Salah satu karya Crown Group di Australia. Foto: ist

Saat ini, Crown Group memiliki memiliki portofolio yang luar biasa dalam lini usahanya dan sedang membangun tiga proyek besar; Infinity by Crown Group di kawasan Green Square, Arc by Crown Group di jantung kota dan Waterfall by Crown Group di Waterloo dan Eastlakes Live di kawasan suburb timur Sydney.

Jejak Crown Group di Australia juga mentereng. Perusahaan tersebut berhasil meraih lebih dari 20 penghargaan bergengsi industry termasuk 2016 International Property Awards Best Residential High Rise Architecture Australia untuk V by Crown Group di Parramatta, 2015 Master Builders Australia (MBA) NSW Excellence in Construction Awards untuk Viking by Crown Group di Waterloo.

Selain itu, penghargaan 2014 Urban Development Institute of Australia (UDIA) NSW President’s award – yang dianggap sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi dalam industry pengembangan properti di Australia – untuk proyek pengembangan hunian vertikal dengan 7 menara yang bergaya resor, Top Ryde City Living, berhasil diraihnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *