28 Oktober 2020

Kemenkop dan Shopee Gelar Rasantara untuk Buka Peluang Bagi UMKM

Ilustrasi: istimewa

Bagikan:

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang sangat besar pada sektor bisnis makanan dan minuman pada Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dampaknya berupa penurunan pembelian secara drastis hingga terpaksa tutup total, hal ini akibat dari turunnya daya beli masyarakat karena maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan  pemotongan gaji karyawan, serta penerapan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah.

Pandemi ini juga merubah perilaku belanja masyarakat menjadi semakin banyak memanfaatkan layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi kontak secara fisik secara langsung, hal ini terbukti dari hasil riset kantar pada februari 2020 yang menunjukan peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus merespon dampak perubahan tersebut dengan tepat agar usahanya dapat bertahan hingga pandemic.

Melihat hal ini, Kementerian Koperasi Republik Indonesia (Kemenkop RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan event yang bertujuan meningkatkan penjualan para produsen, pengusaha, dan penjual produk fesyen di Indonesia. Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor makanan dan minuman kemasan ikut ambil bagian dalam acara ini. Jumlah UMKM ini merupakan hasil kurasi dari ribuan UMKM yang terdaftar di Kemenkop.

“Saya yakin UMKM makanan dan minuman akan tetap survive di tengah pandemi. Hanya saja mereka harus cepat beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen saat ini. Lewat penjualan daring, saya yakin bisnis UMKM makanan dan minuman tetap dicari. Itu juga yang menjadi tujuan acara ini, yaitu membantu para pengusaha, dan brand-brand makanan dan minuman lokal meningkatkan penjualan daring-nya,” ujar Ibu Victoria br. Simanungkalit, selaku Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM.

Acara yang diberi titel Rasantara (diambil dari gabungan kata Rasa dan Nusantara) ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020.

Selain akan menjadi ajang belanja online, acara Festival Belanja Online Kemenkop ini juga mengangkat berbagai macam sesi live streaming berupa NGOBROL bersama narasumber yang terdiri dari pakar, dan pelaku UMKM makanan dan minuman kemasan.

Dan untuk menambah maraknya acara, pada Festival Belanja Online Rasantara akan digelar juga sesi live streaming NGOBRAL, yang menjadi momen belanja dengan potongan harga atau gratis ongkir.

Para pengunjung dapat mengikuti Live Streaming Festival Belanja Online Rasantara yang akan hadir selama empat  hari, yakni tanggal 29 Oktober sampai dengan 1 November 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *