26 September 2021

Kominfo Tingkatkan Kompetensi Pranata Humas Melalui Konten Multimedia

2 min read

Istimewa

Bagikan:

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali menghelat bimbingan teknis bagi Pranata Humas untuk meningkatkan kompetensi memproduksi konten multimedia kreatif pada Rabu, (25/6). Acara yang dihadiri secara daring oleh hampir 700 Pranata Humas dari seluruh Indonesia ini menekankan bahwa membuat konten kreatif tidak perlu menggunakan alat dan aplikasi yang canggih. Dengan berbekal telepon pintar atau komputer dan aplikasi pengolah grafis yang tanpa berbayar, Pranata Humas dapat menyampaikan informasi yang menarik bagi masyarakat.

Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Bambang Gunawan, menyatakan bahwa hoaks dan konten negatif mudah ditemui di media sosial. “Media sosial bagai pedang bermata dua. Selain sebagai tempat berinteraksi dengan kerabat, media sosial juga merupakan tempat banjirnya informasi yang belum tentu bernilai positif,” tutur Bambang saat membuka acara.

Content creator, Estu Saputro yang juga menjadi narasumber dalam acara ini menjelaskan bahwa klasifikasi, platform, manfaat dan dampaknya perlu diperhatikan saat membuat konten.

“Kita harus tahu dampaknya media sosial, karena ini related juga ke anak-anak kita, saudara kita, dan juga orang tua kita, nanti dampak sosial media sebenarnya itu apa? Dari dampaknya ini sendiri juga ada positif dan negatifnya, kita harus pahami dulu,” ujar Estu.

Bambang juga menegaskan bahwa konten yang dibuat oleh Pranata Humas bukan hanya untuk mendiseminasikan informasi pemerintah, namun juga dapat menangkal dan meluruskan informasi hoaks tentang pemerintah.

Dalam acara yang berdurasi empat jam itu, Estu juga memberikan tutorial secara rinci mulai dari tahap praproduksi hingga tahap pascaproduksi. Ia juga memberikan tips agar konten yang diproduksi Pranata Humas tidak menyalahi regulasi terkait hak cipta dan kekayaan intelektual.

“Harapan saya setelah webinar ini selesai, semuanya dapat semakin berproduktif dalam membuat konten, terutama bagi yang bekerja di Humas, apapun informasi yang didapat dari pusat atau dari instansi bisa disalurkan ke masyarakat semuanya tetap utuh.” pungkas Estu.

Bimbingan Teknis “Membuat Konten Kreatif? Gampang kok!” merupakan bagian kedua dari Bimbingan Teknis Seri Multimedia yang diselenggarakan oleh Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemkominfo selaku instansi pembina Jabatan Fungsional Pranata Humas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *