18 September 2020

Kopi Craft 2019 Ditargetkan Capai Transaksi Rp1 Miliar

Foto: istimewa

Bagikan:

Topreneur.id – Tidak dapat dipungkiri proses perkembangan digitalisasi 5 tahun belakangan di Indonesia mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia mulai dari sosial, ekonomi, usaha, dan juga kebudayaan. Terkhusus pada perkembangan industri Kopi Indonesia yang naik tajam di 3 tahun terakhir, berbagai platform ecommerce, POS Kasir, dan dompet digital juga turut berkontribusi positif dan membuat banyak kemudahan baik kepada konsumen maupun pelaku usaha dan pegiat Kopi Indonesia.

Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (KOKOPI) melalui unit usaha pameran yang dikenal dengan Kopi United mengadakan acara Kopi Craft 2019 di Summarecon Mall Serpong mulai 17 April – 21 April 2019.

Tema Kopi Craft dipakai untuk mengangkat industri Kopi dari hulu sampai hilir lengkap dengan bisnis turunannya untuk diperkenalkan kepada konsumen di hilir. Karena jika tarikan hilir kuat maka produksi Kopi di hulu juga pasti akan meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas.

Tak heran pada pameran kali ini akan dijumpai produk Penjualan biji Kopi terlengkap dari Gayo sampai Wamena, bermacam produk seduh Kopi sampai kopi kekinian, berbagai mesin Kopi, dan industri kreatif Kopi mulai dari parfum wewangian, sabun, lukisan dari ampas kopi, merchandise kopi dan masih banyak lagi.

Bahkan beberapa tenant ada yang menawarkan konsep franchise dan startup Kopi sehingga akan banyak pilihan diskusi bisnis dan konsumtif bagi pengunjung untuk datang ke Kopi Craft di Summarecon Mall Serpong ini.

Tim Kopi United Kokopi meyakini bahwa pertumbuhan bisnis Kopi sekarang ini, kalau tidak diimbangi dengan pemekaran dan perluasan permintaan pasar maka bisnis Kopi tidak akan berkelanjutan. Agar selalu dapat berkelanjutan harus ada kesatuan yang terintegrasi baik mulai dari produksi, pengolahan paska panen, distribusi, pemasaran, metode transaksi, dan factor penunjang lainnya.

Adalah sesuatu yang bagus bahwa minum Kopi di masyarakat Indonesia sekarang ini sudah mulai bergeser dari mulai gaya hidup perlahan tapi pasti sudah menjadi kebutuhan hidup.

Acara Kopi Craft 2019 kali ini Kopi United bekerjasama dengan Summarecon Mall Serpong, Bank CIMB Niaga dan Scuro salah satu produsen mesin Kopi dan mengusung satu tema besar yakni Dampak Pertumbuhan Bisnis Digital dan Gerakan Non Tunai pada Industri Kopi Indonesia.

Sejalan dengan visi Kopi United KOKOPI tersebut, Summarecon Mall Serpong menyambut baik kerjasama dengan Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (Kokopi) dalam menggelar event Kopi Craft 2019 ini sebagai salah satu rangkaian event tahunan SMS, Downtown Walk Festival 2019, event yang dihadirkan untuk mengakomodasi hobi dan komunitas yang eksis di area favorit mal ini.

Dijelaskan oleh Willy Effendy selaku Center Director SMS, “Tidak dapat dipungkiri bahwa kini Kopi seperti sudah menjadi kebutuhan. Maka dari itu kami sangat senang Summarecon Mall Serpong dapat memfasilitasi event yang baik ini dari Indonesia Kopi Craft untuk menambah ilmu tentang kopi bagi para pengunjung. Tidak hanya menikmati kopi, pengunjung dapat melihat bagaimana proses pengolahan kopi hingga kopi kekinian. Acara ini sekaligus sebagai rangkaian acara Downtown Walk Festival yang juga merupakan event untuk anak muda berkreasi dan menyalurkan hobi positif mereka lebih luas sebagai upaya membangun ekonomi mikro dan industri kreatif.” 

Selain itu Kopi Craft ini juga didukung dengan moda pembayaran yang lengkap non tunai. Mulai dari kartu debit semua Bank, kartu kredit, dan dompet digital yang sudah ada di Indonesia. Program non tunai satu pintu ini disebut dengan QRIS atau QR Indonesia Standard yang dalam hal ini panitia Kopi Craft bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga sebagai pusat dari semua QR yang ada.

Menurut Endi Wariyanto dari tim CIMB Niaga, acara Kopi Craft ini sejalan dengan visi dari CIMB Niaga dan Bank Indonesia yang sedang meningkatkan program Gerakan Non Tunai.

Sebagai penutup Rini Hasanah dan Pitoyo sebagai penanggung jawab acara dari tim Kopi United menambahkan, dengan adanya banyak kemudahan pembayaran target transaksi selama 5 hari diperkirakan akan mencapai sedikitnya 1 miliar untuk makanan dan seduh Kopi saja.

Acara Kopi Craft ini merupakan acara terbesar dari sisi jumlah tenant dan terlengkap metode pembayarannya sampai sejauh bulan April ini di tahun 2019. “Harapan kami semoga Kopi Indonesia terus semakin maju dan kembali menjadi nomor satu dunia.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *