20 September 2020

Lestarikan Budaya Nusantara, Univ. Budi Luhur Gelar Minang Festival

Bagikan:

topreneur.id – Budi Luhur Minang Festival akan digelar pada 16 Februari 2019, di Auditorium Universitas Budi Luhur. Kegiatan ini sendiri diadakan sebagai bentuk kepedulian Universitas Budi  Luhur  terhadap pelestarian budaya-budaya yang ada di Nusantara; dan Budaya Minang adalah salah satunya.  

Dalam keterangan kepada topreneur.id, gelaran Budi Luhur Minang Festival ini akan diisi oleh beragam kegiatan seperti puluhan jenis kuliner jajanan minang.

Selain itu, ada pula pertunjukan saluang (suling) oleh seniman Katik Batuah, yang dihadirkan dari tanah Minang beserta Si E, penyanyi pasangannya. Lalu ada Sri, pelawak khas minang dan juga tari-tarian minang.

Dalam  kegiatan ini akan diberikan penghargaan kepada tokoh pelestari adat budaya minang Yus Datuk Pratapia oleh Kasih Hanggoro, MBA, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti; Prof. Dr. sc.agr. Ir. Didik Sulistyanto, Rektor Universitas Budi Luhur.

Rektor Universitas Budi Luhur menyampaikan, “Indonesia ini sangat kaya budaya. Jangan sampai kekayaan ini diambil  bangsa lain. Semua budaya yang ada di nusantara harus kita jaga dan kita lestarikan. Inilah salah satu bentuk bagaimana Universitas Budi Luhur menjaga dan melestarikan budaya nusantara,” sebutnya.

Sementara itu, Dr. Yusran selaku Ketua Pusat Studi Kebudiluhuran yang  juga ketua penyelenggara menyampaikan acara ini terbuka untuk umum.

“Angku dun sanak, kami jalang untuk baringan datang. Bagurau Samalam Suntuak Dendang Saluang,” ujar laki-laki berdarah minang ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kasih Hanggoro mengatakan, “Acara ini sengaja digelar malam minggu nanti agar banyak orang dapat hadir dan menjalin keakraban di Budi Luhur ini.”

Ke depan, festival berbagai budaya nusantara seperti: Jawa, Batak, Toraja, Dayak, dan sebagainya juga akan dicoba digelar, karena sivitas akademika Universitas Budi Luhur memang berasal dari berbagai wilayah Tanah Air.

Budi Luhur terus akan berusaha menjaga Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *