26 November 2020

Mengenal Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Yuk Amalkan…

Sumber: istimewa

Bagikan:

TOPRENEUR.id – Surat Al Ikhlas adalah Surat ke-112 dalam Al-Quran yang Memurnikan Ke-Esa-an Allah SWT, dengan fadhilah dan keutamaan yang menakjubkan. 

Dikutip dari beberapa sumber, surat ini tergolong Surat Makkiyah, terdiri atas 4 ayat, dan pokok isinya adalah menegaskan ke-Esa-an Alloh SWT dan menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya.

Sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa membaca Surat Al-Ikhlas sewaktu sakit sehingga dia meninggal dunia, maka dia tidak akan membusuk di dalam kuburnya, akan selamat dia dari kesempitan kuburnya dan para malaikat akan membawanya dengan sayap mereka melintasi titian shirotul-mustaqim lalu menuju ke surga.”

Demikian diterangkan dalam Tadzkirotul Qurthuby.

Rasulullah SAW pernah bertanya sebuah teka-teki kepada umatnya, siapakah di antara kalian yang dapat mengkhatamkan Al-Qur an dalam jangka masa singkat (dua-tiga menit)?

Tiada seorang dari sahabatnya yang menjawab. Malah Sayyidina Umar bin Khattab RA telah mengatakan bahwa mustahil untuk mengkhatamkan Al-Qur an begitu cepat. 

Kemudian Sayyidina ‘Ali bin Abi Tholib mengangkat tangannya, menyatakan kesanggupan. Sayyidina Umar berkata kepada Sayyidina Ali bahwa Sayyidina Ali (yang masih muda pada waktu itu) mungkin tidak tahu apa yang dikatakannya itu.

Kemudian Sayyidina Ali bin Abi Tholib membaca Surat Al-Ikhlas tiga kali. 

Rasulullah SAW menjawab dengan mengatakan bahwa Sayyidina Ali bin Abi Tholib benar. Kemudian menerangkan bahwa membaca Surat Al-Ikhlas sekali ganjarannya sama dengan membaca 10 juz kitab Al-Qur an atau sepertiga Al-Qur an. 

Jika membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, khatamlah Al-Quran karena dengan membaca sebanyak tiga kali sama seperti dengan membaca 30 juz Al-Quran.

Tentang keutamaan mengamalkan Surat Al-Ikhlas ini, Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

“Ketika Rasulullah SAW melakukan perjalan isro-miraj ke langit, maka saya (Rasul) telah melihat arsy di atas 360,000 sendi dan jarak jauh antara satu sendi ke satu sendi ialah 300,000 tahun perjalanan. Pada tiap-tiap sendi itu terdapat padang sahara sebanyak 12,000 dan luasnya setiap satu padang sahara itu seluas dari timur hingga ke barat. Pada setiap padang sahara itu terdapat 80,000 malaikat yang mana kesemuanya membaca Surat Al-Ikhlas. Setelah mereka selesai membaca Surat Al-Ikhlas maka berkata mereka: Wahai Tuhan kami, sesungguhnya pahala dari bacaan kami ini, kami berikan kepada orang yang membaca Surat Al-Ikhlas, baik ia lelaki maupun perempuan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *