28 November 2020

Miss Lambe Hoaks, Program Kominfo yang Masuk Nominasi Anugerah WSIS Prizes 2020

Istimewa

Bagikan:

TOPRENEUR.id – Sebaran hoaks dan dampak yang makin massif di Indonesia membutuhkan pendekatan dan cara yang lebih kreatif dan inovatif. Apalagi saat ini, keberadaan teknologi informasi dan komunikasi membuat sebaran hoaks makin berlipat ganda.

Platform media sosial dan pesan instan menjadi media utama penyebaran hoaks. Pelaku membuat konten sedemikian rupa untuk mempengaruhi masyarakat.

Guna mengimbangi dan merebut perhatian masyarakat di media sosial serta meningkatkan kesadaran terhadap hoaks, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengembangkan tayangan “Lambe Hoaks”.

Dilansir dari laman resminya, Jumat, Kominfo merilis program Miss Lambe Hoaks dalam upaya memberikan literasi digital pemberantasan konten-konten hoaks.

Konten yang ditayangkan merupakan kumpulan hasil identifikasi hoaks yang dilakukan oleh Direktorat Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika selama sepekan.

Berita hoaks tersebut diinformasikan secara berkala kepada masyarakat. Dalam setiap episodenya program ini mengupas fakta di balik Top 10 isu hoaks hasil pencarian Tim Aduan Konten Ditjen Aptika yang beredar dalam sepekan terakhir.

Pada ajang tahunan Anugerah World Summit on the Information Society (WSIS Prizes), program Miss Lambe Hoaks terpilih masuk dalam salah satu nominasi yang yang dipertandingkan, yakni pada Category 17 — Action Lines C10 “Ethical dimensions of the Information Society”, sebagai karya unggulan dari Indonesia pada Kompetisi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *