Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Pejabat Baru BSN Siap Emban Misi SPK

2 min read

Foto: istimewa

Read Time2 Minutes, 13 Seconds

Topreneur.id – Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya melantik tujuh pejabat baru di lingkungan BSN di Jakarta pada Jumat (22/03/2019).

Tujuh pejabat baru tersebut adalah 3 orang pejabat eselon II, 3 orang pejabat eselon III, dan 1 orang pejabat eselon IV. Pelantikan pejabat ini merupakan bagian restrukturisasi organisasi BSN baru, sebagai implementasi dari UU No 20 tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Hadir sebagai saksi adalah Sekretaris Utama BSN, Puji Winarni; Deputi Bidang Akreditasi BSN, Kukuh S. Achmad; pejabat Eselon I hingga IV di lingkungan BSN.

Dalam sambutannya, Bambang menyatakan bahwa pejabat yang baru dilantik ini akan memperkuat organisasi BSN, dimana kini fungsi dan peranan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) menjadi semakin vital.

“BSN ke depan pelayanannya semakin dituntut, karena banyak instansi meminta bantuan ke BSN. Itu menjadi tantangan kita. Diharapkan organisasi kita semakin solid, bisnis proses bagus, IT harus kuat, dan riset kita semakin bagus, dan pelayanan akreditasi naik. Serta dengan adanya pejabat yang baru dilantik ini diharapkan dapat memperkuat Pusdatin, Riset, SDM, serta Akreditasi,” ujar Bambang.

SPK, tambah Bambang menjadi top priority. “SPK menjadi prioritas utama. SPK, ada di tengah. SPK menjadi guideline. SPK itu ukurannya jelas, terukur, pasti, efisien. SPK membantu memfasilitasi. Karena kehidupan di Indonesia perlu kepastian yg jelas,” tegas Bambang.

Oleh karenanya, pejabat baru BSN, diharapkan dapat mengemban misi SPK yakni membangun sistem yang lebih baik, dan efisien. Tidak hanya efisien terhadap perdagangan tetapi juga bidang pemerintahan.

Seperti diketahui, Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) yang bertugas membina, mengembangkan serta mengkoordinasikan kegiatan di bidang standardisasi secara nasional memiliki makna lain.

“B, Bermakna, S, Strategis dan N adalah netral. Seperti, strategis yang dimaksud disini adalah sesuai dengan UU No 20, SPK melayani seluruh K/L, dan banyak K/L yang mengharapkan BSN pada posisi memperjuangkan kepentingan Indonesia sebagai contoh, posisi Indonesia di Codex dalam forum internasional terutama ekspor produk pangan Indonesia,” papar Bambang.

Kepada para pejabat yang dilantik, Bambang berpesan untuk membangun organisasi solid, pelayanan yang lebih baik, cepat beradaptasi, serta membangun kekompakan agar dapat menjalankan tugas dengan cepat dan menjadikan BSN lebih maju.

Berikut daftar nama pejabat yang dilantik :

  1. Slamet Aji Pamungkas, M.Eng – Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi
  2. Dr. Yopi – Pembina Tingkat I – IV / b, Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  3. Fajarina Budiantari, S.TP, M.Si – Direktur Akreditasi Laboratorium
  4. Dyah Styarini, M.Si – Kepala Subdirektorat Standar Nasional Satuan Ukuran Kimia pada Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia
  5. Akbar Aryanto, ST – Kepala Bidang Infrastruktur dan Keamanan Informasi pada Pusat Data dan Sistem Informasi
  6. Febriyanto Nugroho, ST – Kepala Subdirektorat Pengembangan Standar Energi pada Direktorat Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi, dan Teknologi Informasi
  7. Rois Ricaro, S.T – Kepala Seksi Pemenuhan Kewajiban Regional pada Direktorat Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian.
0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *