Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Pelatihan Pemasaran Digital & Fotografi Produk di Banjarmasin

3 min read

Foto: istimewa

Read Time2 Minutes, 54 Seconds

Topreneur.id – Grab, everyday super app terkemuka di Indonesia hari ini mengajak wirausahawan lokal di Banjarmasin untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka dengan menyelenggarakan pelatihan pemasaran digital serta fotografi produk dengan tema ”Dekatkan Resolusi Sukses dengan GrabExpress”.

Banjarmasin menjadi kota keempat diadakannya pelatihan ini, setelah sukses diadakan di Balikpapan, Lampung dan Aceh, yang diikuti lebih dari 300 peserta. Grab ingin mendukung pertumbuhan bisnis wirausahawan lokal di Tanah Air melalui penyediaan layanan pengiriman barang melalui GrabExpress yang semakin mudah, cepat, dan aman. Seminar yang diikuti oleh 100 peserta ini juga bekerja sama dengan sejumlah komunitas e-commerce di Banjarmasin, termasuk Tokopedia dan Bukalapak.

GrabExpress berkomitmen untuk terus mendukung wirausahawan lokal Indonesia agar bertumbuh. Berdasarkan data dari Departemen Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan di tahun 2017, pertumbuhan UMKM di Kota Banjarmasin mencapai 8,16%. Potensi dan peluang di Banjarmasin mendorong GrabExpress untuk mendorong pertumbuhan bisnis lokal dengan memberikan kemudahan pengiriman barang.

Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia menjelaskan, “Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi yang kami miliki, GrabExpress berkomitmen untuk membantu wirausahawan lokal untuk berkembang. Di Banjarmasin, GrabExpress telah hadir sebagai langkah kami untuk menjadi everyday superapp dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kurir instan yang andal, mudah, dan aman. Melalui pelatihan pemasaran digital dan fotografi produk ini, kami memberikan kesempatan bagi wirausahawan lokal untuk mempelajari ilmu-ilmu baru untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka dan dapat mencapai target bisnis dengan lebih cepat. Pelatihan ini mendukung komitmen berkelanjutan Grab yang terangkum dalam Masterplan 2020 Grab 4 Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebagai kekuatan Indonesia di masa depan melalui akselerasi pertumbuhan bisnis e-commerce.”

Praktisi pemasaran digital Yasir Murjani, yang menjadi salah satu pembicara dalam pelatihan ini menjelaskan, “UMKM memiliki peran dalam menunjang kegiatan ekonomi nasional, terutama untuk mengatasi persoalan pengangguran dan kesenjangan antar sektor. Pelatihan hari ini diharapkan bisa memberikan kiat-kiat praktis yang dapat segera diterapkan wirausahawan-wirausahawan di Banjarmasin untuk terus mendorong pertumbuhan bisnis mereka. Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan di era digital ini, termasuk jasa pengiriman online seperti GrabExpress, pertumbuhan bisnis akan semakin mudah dan cepat.”

Dosen Universitas Lambung Mangkurat Muhammad Alif, M.SI yang berbagi pengetahuan untuk bidang fotografi produk menjelaskan, “Di era serba digital saat ini, penggunaan platform media sosial sangat berdampak besar terhadap pemasaran produk. Media sosial jadi salah satu gerbang utama pengembangan bisnis baru bagi pelaku UMKM. Namun demikian, konten yang atraktif dan sedap dipandang tidak kalah pentingnya untuk menarik minat pelanggan dengan lebih besar. Saya senang dapat membantu pelatihan hari ini dan berharap pelatihan serupa dapat diadak di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.”

Saat ini, layanan GrabExpress telah tersedia di 139 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, dan tersedia di platform Tokopedia, Bukalapak, K24klik, dll. Pengguna di Banjarmasin dapat menikmati layanan GrabExpress menggunakan armada GrabBike dengan berbagai fitur termasuk:

Interface lebih ramah: Alur pemesanan yang telah diperbarui dengan tampilan lebih mudah dan sederhana. Daftar kontak telepon yang tersimpan pada ponsel cerdas kini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Grab, memudahkan memilih dan mengisi rincian kontak penerima barang saat melakukan pemesanan layanan.
Pengiriman instant: Pengiriman dan penerimaan barang dilakukan segera pada hari yang sama dengan ketersediaan armada GrabBike yang memadai.
Jaminan keamanan: Pengiriman barang kini lebih aman dengan adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman.

Multi Concurrent Booking: Pengguna juga dapat melakukan hingga 10 pemesanan dalam waktu yang bersamaan.

“Kami melakukan pendekatan hyperlocal dengan pemahaman mendalam mengenai preferensi dan kebiasaan masyarakat lokal yang kemudian diterjemahkan ke dalam layanan kami. Kami berharap Grab dapat menjadi aplikasi terintegrasi yang semakin relevan dengan kebutuhan harian masyarakat Indonesia, sehingga mewujudkan visi kami sebagai everyday superapp pertama di Asia Tenggara,” tutup Mediko.

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *