6 Desember 2020

Pementasan ‘Under the Volcano’ akan Pukau Publik Jakarta

Istimewa

Bagikan:

TOPRENEUR.id – Kekayaan budaya Indonesia adalah sesuatu yang disadari semua orang, sampai kadang terdengar sebagai cliche. Untuk itu, Purnati Indonesia sejak 1999 secara konsisten mengangkat budaya/sejarah Indonesia menjadi sebuah pementasan yang dihargai dan dapat dinikmati bukan hanya di Indonesia, tetapi juga secara global.

“Kekayaan budaya” bukan hanya sekadar wacana, melainkan harus menjadi sebuah tindakan. Tujuannya untuk mengingatkan bahwa kita adalah bagian dari sejarah yang telah membentuk siapa kita saat ini dan masa yang akan datang. Bila makna tradisi kita abaikan, maka kita akan terancam kehilangan identitas.

Prinsip ini bagaikan gayung bersambut oleh Ciputra Artpreneur yang juga memiliki prinsip untuk ‘bertindak’. Walau usianya masih belia, tetapi Ciputra Artpreneur telah menunjukkan konsistensi untuk terus mengangkat dan mendukung karya-karya asli Indonesia dengan tampilan baru bertaraf internasional.

Melalui kesenian, Ciputra Artpreneur yakin bahwa kebudayaan Indonesia yang beragam dapat dimengerti lebih baik oleh masyarakat Indonesia dan dunia. 

Pementasan Menarik

Kolaborasi Ciputra Artpreneur dan Purnati Indonesia kali ini akan mencoba mengulang kesuksesan I La Galigo pada Oktober 2019. Melalui proses kerja dan kurasi yang cukup lama, Under the Volcano akan siap memukau publik Jakarta. 

Under the Volcano bercerita secara lugas dan mudah dimengerti melalui gerakan dinamis silek dan ulu ambe yang selama ini baru dilihat publik Indonesia melalui film laga seperti “Merantau”.

Diiringi dendang Mingkabau yang melodius dan seakan mengajak penonton untuk bersama-sama bersenandung, dan video digital yang akan memberikan warna baru di panggung — Under the Volcano siap memukau publik dan membuka wawasan mengenai kekayaan tradisi Minangkabau.

Satu hal yang perlu dicatat dari pementasan ini adalah penggunaan ruang vertikal dan horisontal yang berimbang. Dengan mengangkat “filosofi tangga” khas Minangkabau, para aktor, tanpa bermaksud berakrobat, akan bergerak sama banyak baik di lantai, maupun di tangga yang mengisi latar. Ketrampilan ketubuhan aktor asal Padang Panjang ini akan membuat terkesima penonton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *