20 September 2020

Pesona Kuningan, The Hidden Paradise di Jawa Barat

Batu raksasa kutatingkem/Foto: ist

Bagikan:

topreneur.id – Tidak setenar Bali atau Yogya, tapi kabupaten di timur Jawa Barat ini memiliki pesona alam yang menakjubkan. Kabupaten Kuningan menjadi salah satu daerah yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Ada banyak lokasi wisata ciamik yang digandrungi banyak pelancong. Yang cukup dikenal, misalnya, ada Taman Wisata Alam Linggarjati, Waduk Darma, Curug Sidomba,, Telaga Remis, Telaga Nilem, Objek Wisata Cibulan, dan Kebun Raya Kuningan.

Selain itu, terdapat destinasi berbasis alam lainnya seperti Situ Cicerem, Bukit Sukageuri, Taman Cisantana, Palutungan, Bukit Panembongan, dan sejumlah tempat lainnya.

Sejumlah desa di Kuningan juga memiliki potensi pariwisata yang patut dikembangkan. Salah satunya, di Dusun Banjaran yang ada di Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana.

Diketahui, dengan keasrian alam yang tetap terjaga, masyarakat sekitar terus membangun daerah ini supaya lebih berkembang.

Daerah yang berada di tapal batas antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ini, memiliki sejumlah lokasi potensial pariwisata.

Cucun Hendriana, warga pituin dusun Banjaran menjelaskan, beberapa tempat tersebut seperti wisata batu raksasa kutatingkem. “Ada batu kutatingkem, curug cipeutey, situs batu naga, dan lain-lain,” sebutnya.

Nah, potensi tersebut yang perlu dieksplor lebih lanjut dengan dukungan semua pihak. Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah infrastruktur menuju lokasi yang harus terus diperbaiki.

“Dengan lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, infrastruktur menjadi salah satu kendala terbesar dalam mengembangkan potensi pariwisata.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *