Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Populer di Indonesia, 14 Januari Ditetapkan sebagai Hari Matcha Nasional

2 min read

Istimewa

Read Time2 Minute, 13 Second

TOPRENEUR.id – Perjalanan matcha dari asal muasalnya di Jepang hingga menjadi booming di Indonesia melalui proses yang panjang dan berliku. Sejatinya matcha dinikmati di asalnya sebagai minuman ceremonial, disajikan dalam upacara-upacara meditasi di kalangan bangsawan. Sampai akhirnya di era milenial ini matcha diolah lebih casual sebagai flavour baru di Jepang. Baik itu ice cream, wafer, latte , pancake, hingga soba noodle.

Pecinta teh seperti Lintang dari Matchamu, Ibu Ratna Somantri dari Indonesia Tea Institute, dan komunitas teh Indonsialah yang pada awalnya menjadi salah satu penikmat tren teh baru ini teraplikasi dengan menarik pada gaya konsumsi matcha di Jepang. Dan perlahan memperkenalkan matcha kepada konsumen teh di Indonesia baik untuk konsumsi casual hingga komersial.

Tanpa kita sadari, matcha sudah memasyarakat di Indonesia. Selain menjajari trend layaknya kopi, cokelat, taro (ubi ungu), matcha juga sudah turut menyehatkan konsumsi harian kita dengan antioksidannya yang unik karena dapat memberikan calming dan menambah fokus saat otak bekerja. Wah, matcha memang sudah punya kelasnya sendiri.

Sebagai bukti keseriusan dukungan terhadap budaya minum matcha, Matchamu menetapkan 14 Januari
ini sebagai Hari Matcha Nasional. Berlokasi di Accelerice Indonesia, Jakarta, Matchamu mengundang kawan-kawan media, penikmat kuliner (foodie) untuk lebih kenal dengan matcha dan perkembangannya di tanah air.

Acara bertajuk Mematcharakatkan Matcha bareng Matchamu ini bermulai dari talkshow, penetapan Hari Matcha Nasional, dilanjut dengan Matcha Pairing gubahan Chef Stefani Horison (Masterchef Indonesia).

Tak ketinggalan juga sahabat-sahabat per-matcha-an Indonesia turut serta memeriahkan dengan hidangan-hidangan cantiknya, seperti Indomilk dengan Matcha dan Hojicha Latte-nya, Uji Matcha dengan varian dessert matcha, Coklat nDalem yang membawakan cokelat matcha berbalut genmaicha yang crunchy , cocok juga dengan Roti Panggang OTW yang khas dan gurih, ditutup dengan varian es krim matcha-hojicha-dan sakura dari Threefolks Creamery.

Matcha yang memiliki sejarah panjang selama lebih dari 800 tahun. Di Jepang, perfecting the matcha processing adalah harta yang diwariskan turun temurun di setiap keluarga pembudidaya. Menghargai setiap tahap dalam matcha processing, menjadi faktor yang menentukan demi menghasilkan kualitas matcha terbaik.

Matchamu belajar banyak hal baik dari bagaimana matcha dihasilkan. Value inilah yang selalu dijaga dengan baik, dari awal Matchamu lahir hingga menjadi skala Aamanufaktur saat ini serta bereksplorasi memperluas lini produk, tidak hanya matcha, tapi juaga Banana Latte, Pineapple Latte, Mango Latte, Sakura Latte, Chai Latte, Choco Latte, Pineapple Latte, Teh Tarik, Thai Tea dan Read our Velvet Latte.

Encouraging even more people to be aware of what they consume, dimulai dari bagaimana memilih bahan dasar yang baik dan benar. Matchamu percaya bahwa kejujuran hati, respecting every process, adalah modal baik yang Matchamu selalu pegang teguh, baik saat ini maupun seterusnya, to serve only good and honest products (and of course, in a fun way). Kanpai!

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *