Puasa Ternyata Bisa Membuat Anda lebih Bahagia

Ilustrasi: istimewa

Topreneur.id – Umat Muslim hari ini telah memasuki hari pertama puasa Ramada 1440 H. Sebagai sebuah kewajiban, ternyata puasa juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Salah satunya adalah memberikan rasa bahagia.

Di bulan Ramadan ini, kebiasaan baru yang bisa terbentuk adalah berkumpul dengan keluarga saat berbuka puasa dan makan sahur. Dengan aktivitas tersebut akan semakin mendekatkan hubungan di antara anggota keluarga.  

Seperti dikutip dari NBC News, menurut seorang psikologis Susan Jones, terlibat dalam kegiatan dan tradisi selama berpuasa dapat membantu keluarga dan kerabat menjadi lebih dekat satu sama lain. Ini dapat membantu mereka yang menderita kondisi khusus seperti depresi.

Selain itu, setelah menjalani puasa selama beberapa hari, manfaat puasa bagi kesehatan mental juga akan lebih terasa karena tubuh akan menghasilkan kadar hormon endorfin yang lebih tinggi dari biasanya. 

Diketahui hormon ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia secara mental.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *