Ramadan Tiba, Berikut 10 Kiat Tetap Fit Selama Berpuasa

Topreneur.ID – Ramadan Karim, tak terasa bulan Ramadan kembali menyapa ke hadapan kita. Sebagai ibadah wajib, semua umat Muslim diharuskan untuk berpuasa dengan menahan segala nafsu, termasuk menahan rasa lapar dan dahaga dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Nah, agar aktivitas keseharian tetap lancar, Topreneur.ID merangkum beberapa kiat dari berbagai sumber yang bisa dijadikan rujukan bagi pembaca sekalian.

Berikut beberapa tips sehat selama berpuasa di bulan penuh rahmat, Ramadan:

1. Atur waktu Anda untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.

2. Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran.


3. Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa dikonsumsi

4. Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.

Image: istimewa

 

5. Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

Image: ist

 

6. Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur.

7. Di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

 

8. Kurma kering, baik untuk berbuka. Sebaiknya ikuti sunnah, yaitu berbuka dengan buah kurma dan minuman yang manis. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.


9. Setelah magrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan.

10. Hindari makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar tidak mengganggu pencernaan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *