Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Rekor Tencent dalam Industri Gim Paling Laris di Dunia

3 min read

Foto: istimewa

Read Time3 Minutes, 48 Seconds

Topreneur.id – Tencent memperlihatkan bagaimana rangkaian layanan cloud-nya bisa membantu kalangan pengembang gim untuk memperbanyak rekor kesuksesan internasional dari judul-judul gim yang sangat laku-keras di dunia dalam beberapa tahun ini. Hal tersebut dilakukan Tencent di ajang GDC 2019.

“Berbagai kisah dari PUBG MobileLaplace MKing of Avalon dan Clash Royale, menunjukkan kiprah Tencent Cloud dalam membantu sejumlah gim domestik dalam meraih kesuksesan dengan cepat di pasar global, sambil membantu beberapa gim di luar negeri untuk memperluas bisnisnya ke Tiongkok,” kata  Jack Da, Vice President, Tencent Cloud International.

“Kami ingin secara konsisten membagikan perkembangan baru di setiap ajang global seperti GDC. Tujuan jangka panjangnya, memperlihatkan bagaimana ekosistem cloud kami dapat membawa berbagai gim ke jenjang yang lebih tinggi dari harapan para pengembang gim.”

Beberapa judul gim terkenal di dunia seperti PUBG MobileLaplace MKing of Avalon dan Clash Royale memakai gameplay inovatif yang berada di balik popularitas gim-gim tersebut, sementara, ekosistem cloud global Tencent yang berkelas dunia tak hanya membantu para pengembang gim dalam memperluas bisnisnya di dunia, namun juga mendukung akses mudah serta pengalaman bermain gim yang terpadu bagi para pemain di seluruh dunia.

PUBG Mobile

Pemenang Joystick Awards’ 2018 Mobile Game of the YearPUBG Mobile adalah gim seluler PUBG yang mendapat izin PUBG Corp, dikembangkan oleh Lightspeed & Quantum Studios Group serta PUBG Corp, serta diluncurkan Tencent dan PUBG Corp. Gim tersebut berada di posisi teratas dalam peringkat gim seluler di 105 negara dan wilayah, dalam tempo satu minggu setelah peluncuran global versi betanya. PUBG Mobile memiliki 30 juta pengguna aktif harian, dan telah diunduh sebanyak 200 juta kali. 

Tencent Cloud menyediakan banyak jenis layanan komputasi cloud dan layanan bank data berkinerja tinggi bagi PUBG Mobile. Dengan server Tencent Cloud yang masif dan fleksibel di luar negeri, hanya dalam hitungan beberapa hari, ribuan server dihadirkan bagi PUBG Mobile, menjadi dukungan besar bagi pertumbuhan eksplosif gim tersebut. 

Tencent Cloud terus mengonsolidasikan penyediaan layanan di luar negeri yang terdepan di industri, serta pemeliharaan perangkat yang efisien, terbukti dari banyaknya judul gim terkenal yang berhasil menjalankan globalisasi, termasuk PUBG Mobile.

Laplace M

Sebagai cerminan dari kiprah Tencent dalam membantu ekspansi bisnis secara global, kesuksesan peluncuran “Laplace M” sepenuhnya menunjukkan kinerja teknis Tencent Cloud yang luar biasa dalam komputasi cloud, jaringan, keamanan dan penyediaan layanan. Bagi MMORPG, sebuah server tunggal harus memenuhi besarnya permintaan akan akses Internet, dan menampung para pemain gim dengan jumlah yang signifikan, menuntut kinerja berstandar tinggi dan stabilitas server. Tencent Cloud mengagregasi berbagai server cloud hosting yang bersifat masif dan berkinerja tinggi dalam waktu singkat demi menjamin ketersediaan gim dengan cepat, agar ideal bagi sejumlah skenario dengan permintaan konkuren yang bervolume masif.

Selain itu, berdasarkan jaringan BGP dan  Anycast IP terkemuka, baru-baru ini dirilis di banyak wilayah di Asia Tenggara, Tencent Cloud dengan efektif mengatasi sejumlah kendala atas mutu jaringan dari akses lintaswilayah, dan secara besar-besaran meningkatkan pengalaman bermain gim di beragam wilayah. Sementara, “Laplace M” sepenuhnya memakai BGPAntiDDoS untuk mempertahankan diri dari serangan DDoS dengan jumlah penggunaan yang besar. Bersama-sama dengan klien, TencentCloud menawarkan dukungan dan bantuan yang piawai demi memastikan ketersediaan serta stabilitas bagi debut “Laplace M”.

King of Avalon

Memiliki lebih dari 60 juta pengguna yang terdaftar di seluruh dunia, King of Avalon dari Funplus telah menghasilkan pendapatan $380 juta di luar negara asalnya, Tiongkok. King of Avalon menjadi gim seluler asal Tiongkok yang pertama kali menduduki peringkat #1 dalam iTunes Store di Amerika Serikat (AS) dan 42 negara lainnya. Pada Semester I-2018, gim ini menjadi yang terlaris ketiga di antara gim asal Tiongkok yang meraih lebih dari $600 juta dari pasar AS.

King of Avalon merupakan judul gim terkenal yang memakai solusi GAAP untuk menyajikan pengalaman bermain gim yang terbaik bagi kalangan pemain global.

Supercell: Clash Royale

Clash Royale buatan Supercell dengan cepat menjadi gim terlaku di pasar Tiongkok saat dirilis pada Maret 2016. 

Untuk menyediakan pengalaman bermain gim yang lancar dan merata bagi jutaan pemain aktif, setara dengan rekan-rekan mereka di AS, Clash Royale juga menggunakan Global Application Accelerate Platform (GAAP) dari Tencent demi mengurangi keterlambatan serta meningkatkan pengalaman bermain gim.

Solusi GAAP memotong latensi hingga di bawah 150 ms bagi para pemain di Tiongkok ketika mengakses gim-gim yang terletak di AS, menurunkan tingkat kesalahan di kawasan tersebut hingga ke jenjang yang sebanding dengan kondisi jaringan lokal di AS.

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *