7 Maret 2021

Renaldy Pujiansyah Beberkan Tips Digital Marketing

3 min read

Istimewa

Bagikan:

Digital marketing semakin penting sekali kehadirannya saat ini, ditambah adanya Covid-19 yang menghantam bisnis-bisnis offline karena adanya kebijakan PSBB dan PPKM yang membuat banyak pelaku bisnis mau tidak melalui melakukan promosi produk melalui online. Untuk pengembangan bisnis, digital marketing menjadi salah satu strategi yang bagus untuk tetap bertahan di era pandemi seperti saat ini.

Seiring berkembangnya gaya hidup masyarakat kita dari media televisi atau media cetak kini beralih ke media sosial maka, digital marketing menjadi solusi yang tepat untuk mengenalkan produk atau jasa kepada calon customer. Membuat campaign di media sosial haruslah diawali dengan planning yang matang, tujuannya agar campaign ini tepat sasaran sesuai objective yang diinginkan.

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Renaldy Pujiansyah anak muda kelahiran Sangatta Kalimantan Timur ini yang juga CEO Insaf Digital Agency sebuah agensi marketing asal Kota Surabaya yang saat ini sedang naik karena berhasil membuat brand-brand lokal viral dan perkembangannya sangat cepat.

Dengan pengalaman di dunia digital marketing selama kurang lebih 7 tahun, Renaldy Pujiansyah sebagai Digital Strategist memiliki strategi tersendiri yang sudah terbukti keberhasilannya, yaitu :

  1. Cari Tahu Dahulu Target Pasar Kamu

Permasalahan utama bisnis tidak berhasil adalah ia tidak tahu menawarkan produknya kepada siapa. Dengan tahu target pasar kita bisa menentukan strategi apa yang akan digunakan.

  1. Bikin Konten Yang Beda dan Related

Konten adalah kunci dari pemasaran digital, karena hampir seluruh platform digital menggunakan konten sebagai produk utamanya. Buatlah konten yang ‘related’ terhadap pasar kamu, sehingga ketika mereka melihat kontenmu mereka akan berpikir “Oh iya bener juga, ini yang aku cari selama ini”

Buatlah konten yang menjelaskan produk kamu, buatlah target pasar kamu yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak ingin beli menjadi ingin beli.

  1. Copywriting Adalah Kunci

Copywriting adalah sales kamu di pemasaran digital, buatlah kalimat-kalimat yang menghipnotis audience. Copywriting sangat penting karena ia ujung tombak dari penawaran produkmu.  

  1. Jangan Lupa Datangkan Traffic

Mendatangkan traffic itu sangat penting, karena sebagus apapun profil bisnismu di platform digital namun tidak ada yang melihat tidak ada gunanya. Maka dari itu traffic diperlukan, mendatangkan traffic bisa menggunakan endorse, iklan, atau paid promote. Dengan adanya traffic yang datang kita juga bisa mengukur data yang masuk sehingga bisa menentukan strategi selanjutnya.

  1. Gunakan Funelling Strategy

Funnel atau juga bisa disebut customer journey yaitu proses audience dari ia belum tahu produkmu hingga memutuskan untuk membeli produkmu. Tahapan tersebut penting untuk diketahui, funnel yang digunakan INSAF adalah AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Gunakan strategi yang sesuai setiap tahapan funneling, karena digital marketing itu tidak hanya sekedar posting-posting tapi juga harus menjalankan semua tahapan agar bisa sukses.

“Kebanyakan orang menganggap digital marketing itu sekedar posting di instagram, padahal sebenarnya tidak hanya sampai disitu tahapannya, banyak hal yang harus dilakukan dan harus bisa membaca data audience untuk menentukan strategi apa yang pas untuk bisnis kamu,” tutup Renaldy Pujiansyah.

Saat ini INSAF yang dibawah kepemimpinan Renaldy Pujiansyah adalah agensi dibelakang layar beberapa brand lokal besar yang viral akhir-akhir ini, brand-brand tersebut ada Se’i Sapiku, Heslin Beauty, Handmadeshoesby, Miepan Zuzuzu, Sebelas Duabelas Kopi, Aulia Fashion, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *