Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Satker BRSDM Diganjar PUI & Akreditasi KNAPP

2 min read

Istimewa

Read Time2 Minutes, 8 Seconds

TOPRENEUR.id – Empat Satuan Kerja (Satker) Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), yakni Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Perancak, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang, dan Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) Depok, ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Tahun 2019, pada Acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2019 yang diinisasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada 2 Desember 2019.

Deklarasi Pusat Unggulan Iptek Tahun 2019 diumumkan langsung oleh Menristekdikti yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro. Dalam kesempatan tersebut, BROL ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Sistem Prediksi Kelautan, BRPBAP3 sebagai PUI Udang, BRPPUPP sebagai PUI Pengelolaan Perikanan Perairan Umum Daratan, dan BRBIH sebagai PUI Ikan Hias.

Penilaian kelayakan penetapan PUI didasari atas hasil penilaian terhadap lembaga litbang, baik yang telah melalui proses pembinaan maupun berdasarkan hasil seleksi baru, dalam jangka waktu sekitar 1 tahun oleh Kemenristekdikti.

Lembaga litbang yang ditetapkan sebagai PUI, dinilai dapat menghasilkan publikasi dan bisa menghasilkan program doctor. Selain itu, riset yang dihasilkan dapat menghasilkan produk yang bermanfaat kepada masyarakat , serta riset tersebut dapat dihilirisasi secara langsung ke industri atau difasilitasi ke industri melalui mediasi pemerintah. Dalam hal penelitinya pun tidak boleh cukup hanya meneliti di dasarnya saja, tetapi harus ditingkatkan pada riset terapan atau riset pengembangan.

Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) telah dilaksanakan Kemenristekdikti sejak Tahun 2010 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan litbang sebagai PUI yang mampu menyerap kebutuhan pengguna/market dan sekaligus menghasilkan dan mengalirkan produk atau hasil teknologi ke penggunanya, serta menjadikan Lembaga Unggul yang berpotensi dikembangkan menjadi lembaga Science Teckno Park.

Program PUI ini juga telah mampu menciptakan iklim kompetisi positif bagi lembaga-lembaga litbang untuk meningkatkan produktivitasnya yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif pada aspek academic excellence, economic benefit, dan social impact.

Dalam kesempatan tersebut, Menristekdikti turut menyerahkan Sertifikat ‘Akreditasi Pranata Litbang Tahun 2019: Akreditasi Pranata Litbang yang diberikan oleh Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP)’ yang merupakan sarana penunjang berkembangnya Lembaga Litbang menuju ke Pusat Unggulan Iptek.

Satker BRSDM yang berhasil memperoleh  akreditasi dari KNAPPP yakni BRPPPU Palembang, Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) Gondol, dan Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi.

Tujuan dari pemberian akreditasi dari KNAPPP ini adalah meningkatkan kualitas dan mutu manajemen litbang. Pranata Litbang yang mendapatkan akreditasi berarti memiliki jaminan mutu dari segi manajemennya. Kegiatan akreditasi pranata penelitian dan pengembangan adalah pembinaan terhadap penerapan jaminan mutu pada lebaga litbang seluruh Indonesia sebagai upaya untuk mendorong lembaga penelitian dan pengembangan menjadi Pusat Unggulan (center of excellence).

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *