26 November 2020

Selama Pandemi, Jaga Mood dan Imunitas Tubuh dengan Cemilan Manis

Ilustrasi: istimewa

Bagikan:

TOPRENEUR.id – Masa-masa stay at home seperti sekarang ini adalah masa di mana kita perlu menjaga perasaan tetap happy dan semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Bekerja dari rumah atau WFH, sekolah via online dan social distancing pun tetap bisa dijalankan dengan optimal kalau kita dalam kondisi happy.

 Tahukah Anda kondisi bahagia dapat meningkatkan imunitas tubuh? Saat hormon endorphine manusia sedang tinggi, analgesic (pereda sakit) alami diproduksi tubuh dan memberikan efek bugar, imunitas tinggi, tidak mudah jatuh sakit. Endorphine sangat penting untuk diproduksi, khususnya di saat kita diliputi rasa takut akan virus COVID-19.

“Menjaga kondisi fisik dengan asupan seperti makanan sehat, vitamin dan buah-buahan diperlukan, tapi perlu dilengkapi dengan asupan pikiran yang positif dan kreatif, terutama perasaan happy di setiap suasana,” jelas Elizabeth T Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC, Praktisi Psikolog.

Salah satu stimulus perasaan bahagia adalah asupan gula. Data dari US Dietary Guidelines mengenai efek asupan gula pada manusia, salah satunya adalah menurunkan hormon stres (kortisol).  Nah, untuk orang yang sedang merasa sedih, terisolasi, depresi, di saat kondisi pandemik seperti saat ini, perlu asupan yang manis  secukupnya sehingga memberikan energi dan perasaan happy.

Bila Anda pernah menonton Bridget Jones Diary saat pemeran utama wanita patah hati, ia mencari makanan manis untuk meredam emosinya. Secara ilmiah pun terbukti asupan gula dapat meningkatkan energi dan suasana hati yang sedang “down”. Yang terpenting adalah pencapaian asupan sesuai porsi kebutuhan tubuh manusia tetap terjaga.

Menurut American Heart Association (AHA), wanita membutuhkan kandungan gula perhari sebanyak 100 dan pria sebanyak 150 kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *