21 Juni 2021

Sosok Agwan Mblitar yang Sukses sebagai Pebisnis dan Membuka Lapangan Kerja

2 min read

Istimewa

Bagikan:

Menjadi seorang pebisnis tentu tidaklah mudah, diperlukan komitmen dan tekat yang kuat.  Membangun sebuah bisnis tidak sekedar membuat ide bisnis saja, tetepi dituntut untuk bisa terus berinovasi dan mengembangkan sumber daya yang ada. 

Seperti yang dilakukan oleh Agus Wawan atau yang biasa dikenal Agwan Mblitar. Perjalanan bisnis yang ditempuhnya sudah melewati banyak lika – liku, seperti kecurian dan  tertipu. Namun hal tersebut tidak membuat Agwan Mblitar menyerah, justru dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk bisnisnya.

Selain membangun bisnis agar terus berkembang, Agwan Mblitar juga membangun sumber daya manusianya. Hal tersebut yang menjadi tantangan, karena tidak hanya sekedar fisik yang dibutuhkan, tetapi jiwanya juga. Serta bagaimana etos kerja bisa tercipta dan corporate culture dapat terbentuk. 

Cara tersebut dilakukan agar para karyawannya dapat loyal dan kerja sama terus berjalan hingga bisa membantu bisnisnya sesukses saat ini. Cara yang dipilih tersebut terinspirasi dari sang ayah. 

“Di dalam membentuk karakter dan jiwa karyawan itu harus menanamkan bahwa kamu bekerja ini bukan hanya untuk dunia saja tetapi untuk akhirat juga. Fondasi dasar yang dibangun untuk para karyawan itu bukan knowledge-nya terlebih dahulu tetapi mentalnya. Bahkan seluruh para karyawan mayangkara group dituntut untuk bisa mengaji dan rutin sholat malam. Cara tersebut dilakukan agar para karyawan sesuai dengan visi dan misi mayangkara group,” kata Agwan Mblitar selaku CEO Mayangkara Group. 

Prinsip tersebut masih dipegang teguh oleh Agwan Mblitar karena ingin memastikan para karyawannya bahwa bekerja bukan hanya untuk hari itu saja tetapi untuk memberi nafkah keluarga juga. Jadi harus dipastikan hasil tersebut dari sumber yang baik. 

Selain itu, sosok Agwan Mblitar juga pintar dalam melihat peluang bisnis. Terbukti dari SPBU pertama yang awalnya hanya milik pemerintah dan radio swasta pertama yang berhasil mendapatkan surat izin. Hingga saat ini sudah memiliki 23 cabang SPBU dan lima Mayangkara FM di area Blitar, Tulungagung. 

“Di Mayangkara Group seluruh biaya anak karyawan diberi beasiswa hingga kuliah, jaminan kesehatan termasuk kelahiran, kebutuhan pribadi juga sudah terjamin. Cara tersebut dilakukan untuk para karyawan agar ketika urusan perut, pendidikan dan kesehatan sudah terpenuhi seluruh fokusnya akan dihabiskan untuk mengabdi,” kata Agwan Mblitar.

“Menjadi seorang pebisnis juga harus memiliki mental yang tangguh, agar ketika mengalami suatu masalah dia bisa mengatasi dan menyelamatkannya. Karena didunia bisnis tantangan itu bukan semakin surut tetapi semakin besar dan tidak terduga, ditambah lagi era teknologi yang semakin meningkat,” imbuhnya.

Agwan Mblitar selain sukses menjadi pebisnis juga aktif dalam beberapa komunitas, seperti tembak dan motor. Tidak hanya itu, Agwan Mblitar terus mengambangkan bisnisnya hingga saat ini merambah ke dunia kuliner yaitu Ajiib Kambing Guling. Sudah ada beberapa cabang antara lain Surabaya, Malang, Blitar dan Tululungagung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *