19 Oktober 2020

Syafii Efendi, dari Rumah Singkong sampai Jadi Miliarder

Syafii Efendi/Foto: IST

Bagikan:

topreneur.id – Selain keberhasilan yang telah diraihnya saat ini, Syafii pun memiliki banyak sekali cerita pilu dalam bisnis. Bisnis pertama yang dilakukannya sendiri adalah rumah singkong. Ia menjual keripik singkong ke kampus-kampus dan sekolah.

Bisnis ini berakhir tragis, bangkrut karena tim yang bermasalah. “Dari bisnis ini sya banyak belajar cara mengelola manusia. Sehingga per hari ini saya memiliki tim partnership dari Aceh sampai Papua sebanyak 2.900 orang. Mereka yang membantu mengerjakan berbagai proyek saya. Mereka adalah generasi milenial yang terlahir dari 1989—2000.”

Namun pengalaman gagalnya bukan hanya itu. Ia menyebut, dirinya telah mengalami kegagalan sekira 60-an kali dengan berbagai macam bisnis yang dijalankan. Dengan pengalamannya itu, ia semakin merekatkan diri pada basis spiritual.

Sebab, katanya, spiritual adalah basic dalam membangun bisnis. “Spiritual itu adalah basic dalam berbisnis. Alhamdulillah perkembangan bisnis saya saat ini cukup bagus,” sebutnya.

Diakuinya, dari profesinya sebagai pembicara saja, ia bisa mengantongi omzet hingga Rp3 miliar sebulan. Memberikan training motivasi saat ini adalah hobinya. Syafii merasa senang jika melihat perubahan yang terjadi pada orang lain.

Untuk menjadi seorang pembicara andal, ia pun tak segan untuk mengikuti beragam training di dalam dan luar negeri. “Banyak sekali testimoni positif. Mereka bisa mendapatkan revolusi mindset dan transformasi tindakan setelah mengikuti training saya.”

Ke depan, Syafii bertekad untuk menciptakan satu juta miliarder baru di bawah 30 tahun di Indonesia. Untuk itulah, selain terus menebar virus wirausaha melalui berbagai seminarnya, Syafii juga aktif melakukan bussiness coaching dan pemberian modal usaha untuk para entrepreneur pemula.

Ia juga terus mengejar mimpinya untuk menjadi pembicara skala global seperti masuk ke Malaysia, Singapura, Thailand, dan lainnya.

Dirinya melihat jika perkembangan dunia wirausaha di Tanah Air cukup baik. Gairah anak muda untuk berwirausaha cukup banyak. Dalam hal berwirausaha, Syafii juga memberikan kiat sukses seperti yang telah dilakukannya. 

Pertama, seorang pengusaha harus memiliki kontrol diri yang kuat. Kedua, fokus memperbaiki input (bacaan & tontonan –red) yang masuk pada otak. Ketiga, harus belajar dari yang terbaik. Keempat, harus bekerjasama dengan yang terbaik.

“Pengusaha juga harus komitmen dan istiqomah. Bayangkan kesakitan yang akan terjadi jika tidak melakukan action sekarang. Terakhir, change and improvement,” ungkapnya.

“Entrepreneur adalah orang yang melakukan hal yang orang kebanyakan tidak mau, tetapi nantinya dia akan memiliki kehidupan yang kebanyakan orang tidak bisa. Berwirausaha adalah pilihan terbaik bagi yang ingin membangun diri dan bangsanya,” demikian Syafii.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *