19 September 2020

Tahukah Anda, Berapa Jumlah Kosakata Baru Setiap Tahun? Ini Penjelasan dari Badan Bahasa

Bagikan:

Topreneur.id – Bahasa selalu berkembang setiap saat. Demikian dengan kosakata yang selalu mengalami penambahan setiap tahunnya.

Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Hurip Danu Ismadi menerangkan jika lema atau kosakata bahasa Indonesia mengalami penambahan antara 4.000 sampai 6.000 kata baru setiap tahunnya.

Lema baru tersebut diperbarui setiap tiga atau empat bulan sekali melalui Sidang Komisi Istilah yang ada di Badan Bahasa. “Dalam tiga atau empat bulan, yang berbasis daring, kami perbarui terus. Sidang Komisi Istilah ini yang membicarakan kosakata baru yang akan masuk kamus besar bahasa Indonesia (KBBI),” ujarnya.

Dengan penambahan lema setiap tahunnya, tentu berpengaruh pada jumlah total kosakata yang ada. Hurip menyebut, secara keseluruhan jumlah kosakata pada 2014 sebanyak 101.611 kata, lalu naik menjadi 118.000 pada 2016. Di tahun 2019 ini, jumlah kosakata baru ditargetkan bisa mencapai hingga 200.000 kata.

Pihaknya terus menekankan untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang-ruang publik. Yang terbaru, misalnya, istilah MRT yang semula dari bahasa Inggris, mass rapid transit, diubah menjadi Moda Raya Terpadu (MRT).

Diketahui, saat ini bahasa Indonesia juga masuk ke dalam daftar 10 besar bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Untuk itulah, mimpi untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional terus diperjuangkan.

Melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Badan Bahasa terus merangsek untuk mengembangkan bahasa Indonesia di kancah global. “Universitas Al Azhar Kairo juga akan membuka prodi bahasa Indonesia. Demikian juga dengan beberapa perguruan tinggi di Cina, mereka buka prodi bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *