Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Teknik Akuaponik sebagai Inovasi Bisnis Lele

2 min read

Ibnu Subroto/Foto: ist

Read Time1 Minute, 22 Second

TOPRENEUR.ID – Fokus dengan bidang perlelean, Ibnu Subroto juga tengah mengembangkan inovasi baru dalam pembudidayaan lele, yakni dengan menggunakan teknik akuaponik.

Untuk hal ini dirinya juga telah bekerjasama dengan balai pembenihan ikan di Serang dan telah dipraktikkan di beberapa farm. Teknik akuaponik sendiri terlahir dari banyaknya keluhan masyarakat terkait limbah air  lele yang mencemari lingkungan menjadi bau dan kumuh.

Menurutnya, teknik akuaponik ini merupakan kombinasi dari akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah).

“Akuaponik ini merupakan cara budidaya yang mengombinasikan ikan dan tanaman dalam  sistem sirkulasi. Prinsipnya adalah resirkulasi, dengan memanfaatkan kembali air yang telah digunakan dalam pemeliharaan ikan dengan filter alami yang berupa tanaman/sayuran dan medianya,” ujarnya.

Teknik ini sendiri sudah praktikkan di beberapa farm, dimana para petani tidak hanya menghasilkan lele, tapi juga sayur-mayur seperti kangkung, bayam, cabe, dan lain-lain yang bisa dipanen sekaligus. Dengan teknik ini ikan menjadi lebih fresh-organik, hasilnya bisa double dengan jualan sayuran, plus tidak ada limbah yang terbuang.

Ia berkeinginan agar nantinya setiap rumah bisa mempraktikkan sistem akuaponik ini untuk kebutuhan mereka setiap hari. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin akan bisa mewujudkan kemandirian pangan bagi masyarakat.

Salah satu contohnya adalah sebuah farm di kawasan Citayam, Depok, dimana farm tersebut sudah menerapkan teknik akuaponik untuk budidaya lelenya, bahkan farm ini juga sudah mengolah lele fillet (tanpa duri –red). 

“Dengan di-fillet saja, harga lele sudah bisa lebih tinggi, apalagi jika diolah lagi menjadi makanan lain seperti keripik, nugget, abon, pasti nilainya akan jauh lebih tinggi. Kami di Aplesi terus berupaya untuk menghasilkan lele yang berkualitas, higienis, dan sehat agar bisa sejajar dengan jenis ikan lainnya seperti udang, nila, dan lain-lain,” demikian Ibnu.

0 0

About Post Author

Muh Haikal

Editor
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *