Chery baru-baru ini menggelar uji tabrak dan guling ekstrem terhadap model Tiggo 9 CSH (Chery Super Hybrid) di Longshan Test Center, Wuhu, Anhui, China. Uji coba ini disaksikan langsung oleh konsumen global, perwakilan dealer, dan media internasional dalam rangkaian Chery International Business Conference 2025.
Tujuannya? Membuktikan ketangguhan platform super hybrid Chery yang inovatif dan menjamin keselamatan penumpang dalam berbagai kondisi kecelakaan.
Uji Tabrak Frontal Ekstrem: Tantangan Energis Tinggi
Pengujian pertama melibatkan tabrakan frontal penuh antara dua unit Chery Tiggo 9 CSH dengan kecepatan 56 km/jam. Berbeda dari uji tabrak konvensional yang menggunakan penghalang statis, skenario ini menghasilkan energi kinetik jauh lebih tinggi, mensimulasikan kondisi kecelakaan nyata.
Hasilnya mengesankan. Struktur depan kabin menyerap sebagian besar gaya benturan secara terkontrol. Airbag mengembang seketika melindungi penumpang.
Pilar A dan B tetap kokoh. Ruang kabin terjaga sempurna. Sistem keselamatan aktif seperti penguncian pintu otomatis dan lampu hazard berfungsi normal. Tidak ada deformasi signifikan atau kebocoran pada sistem bahan bakar.
Uji Guling Spiral Kecepatan Tinggi: Menghadapi Tantangan Rotasi
Pengujian selanjutnya adalah uji guling spiral berkecepatan tinggi. Chery Tiggo 9 CSH dipacu hingga 68 km/jam di tanjakan miring, berotasi penuh 180 derajat sebelum jatuh dari ketinggian lebih dari 1,1 meter.
Uji coba ini mensimulasikan kombinasi benturan kinetik dan deformasi struktural ekstrem. Hasilnya? Struktur kabin tetap utuh, pilar A hingga C tidak mengalami deformasi berarti.
Airbag dan sabuk pengaman bekerja sempurna. Sistem baterai langsung memutus arus tegangan tinggi dalam milidetik, mencegah risiko kebocoran elektrolit, runaway termal, atau kebakaran.
Teknologi Canggih di Balik Ketangguhan Chery Tiggo 9 CSH
Ketahanan luar biasa Chery Tiggo 9 CSH berkat penggunaan baja kekuatan tinggi. 85% bodinya menggunakan baja kekuatan tinggi, 21% di antaranya adalah baja hot-formed dengan kekuatan tarik hingga 1.300 MPa.
Pilar B diperkuat teknologi TRB, sekuat ruang tekanan kapal selam. Desain ‘kapsul ruang energi penyerap gaya’ berbentuk sangkar mengalirkan gaya benturan secara efisien.
Untuk benturan samping, enam kotak penyerap energi dan struktur sisi berlapis ganda meminimalkan intrusi dan memaksimalkan perlindungan penumpang.
Fitur keselamatan pasifnya juga lengkap: 10 airbag (termasuk far-side airbags, knee airbags, dan extra-long 2060 mm side curtain airbag dengan teknologi penahanan tekanan selama 6 detik).
Sistem keselamatan aktif seperti Forward Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB), dan Lane Departure Prevention (LDP) juga turut meningkatkan keamanan. Sistem keamanan baterai dilengkapi sertifikasi tahan air IP68, pelindung bawah baja berkekuatan 590 MPa, dan pemantauan kesehatan baterai 24/7.
Dengan teknologi Chery Super Hybrid (CSH) dan komitmen tinggi terhadap keselamatan, Chery Tiggo 9 CSH siap meluncur di hampir 20 negara dan wilayah di lima benua pada tahun 2025. Model ini menargetkan pasar strategis di Eropa, Amerika Tengah dan Selatan, Afrika Utara, dan Asia Tenggara.
Keberhasilan uji coba ini membuktikan komitmen Chery dalam menghadirkan kendaraan yang tidak hanya canggih, tetapi juga aman bagi penggunanya. Tiggo 9 CSH hadir sebagai bukti nyata inovasi dan dedikasi Chery dalam bidang keselamatan otomotif.