22 September 2020

Valentina Meiliyana, Milenial yang Sukses Tekuni Bisnis Fesyen dan Agency Artis

Istimewa

Bagikan:

TOPRENEUR.id – Salah satu generasi milenial yang sukses membangun bisnisnya dari nol adalah Valentina Meiliyana. Dirinya mengenal dunia bisnis sejak usianya masih 14 tahun; ia berjualan sandal karakter di forum Kaskus ketika itu.

Hebatnya, di usianya yang masih belasan, tapi dia sudah menghasilkan uang jutaan rupiah. Jalan itu terus dilaluinya, barang yang dijualnya pun terus berubah, dari sandal, pindah ke baju, lalu sepatu. “Usia 16 tahun saya jualan sepatu, omzetnya sudah mencapai puluhan juta,” sebut Valentina.

Namun jalan yang ditempuhnya tidak mulus. Pada 2012 bisnisnya amblas, barang yang diorder klien ternyata tidak dikerjakan supplier.

“Semua pesanan delay. Saya dikejar konsumen sampai harus masuk ke rumah sakit, saking stresnya. Benar-benar capek,” ucapnya. Akhirnya dia pun membangun pabrik sendiri untuk menjaga agar pesanan klien tidak terlambat. Sayang, ini juga bukan jadi solusi terbaik. Valentina kembali mengalami kegagalan.

Tak hanya bidang fesyen, Valentina juga pernah bisnis snack yang menghasilkan omzet miliaran rupiah. Belakangan, dengan melihat perkembangan dan tren, ia tertarik untuk menerjuni bisnis agency artis.

Dirinya menjadi ‘jembatan’ antara perusahaan/produk dengan para artis yang mempromosikan brand-nya ke masyarakat.

“Nah, agency artis ini awalnya hanya buat fesyen saya, dimana artis bisa pakai produk saya. Lalu dia posting di media sosialnya masing-masing. Awalnya sulit, tapi ternyata ini jadi bisnis yang bisa membantu UKM dan perusahaan untuk membranding produknya,” ucapnya.

Valentina saat ini menjalani bisnis endorsement artis yang berfungsi juga sebagai konsultan bagi brand dan UKM.

Diakuinya, dibawah bendera Valen Relations, dirinya kini telah terkoneksi dengan 200 public figure dari mulai artis, selebgram, influencer, hingga banyak selebritas ternama.

Soal bisnis ini, Valentina menyebut adanya kebutuhan perusahaan terhadap peran para agency. “Mereka kan tidak mungkin handle semuanya sendiri. Perlu peran dari orang lain yaitu agency untuk hal-hal yang memerlukan jasa artis untuk branding.”

Soal prospeknya, dia mengatakan masih sangat bagus. Terlebih pemain di bidang ini masih terbilang  sedikit. Para artis, selebgram dan influncer dengan jutaan pengikutnya juga memerlukan peran dari agency sebagai jembatan ke produk/perusahaan. “Ya, kami ini sekaligus jadi konsultan juga.”

Di 2020 ini, Valentina bahkan menargetkan bisa menjaring 2000 para pesohor. Hanya saja, di bidang ini pun tidak luput dari tantangan.

“Ini kan berhubungannya dengan manusia, misal kita sudah janji ke perusahaan hari ini, tiba-tiba artisnya tidak bisa, atau sebaliknya, kan jadilah kecewa. Risikonya ya besar juga,” pungkas Valen yang saat ini berusia 24 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *